Jelang Malam Pergantian Tahun, Kapolda Sumut Instruksikan Jajaran Seperti Ini

Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw.
foto : nin/pojoksumut

Kapolda Sumut, Irjen Paulus Waterpauw. foto : nin/pojoksumut



POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin rapat bersama Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Irwasda dan para pejabat utama di Rumah Dinas Kapolda Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Minggu (31/12/2017).

Kepala Bidang Humas (Kabid) Humas Polda Sumut Komisaris Besar Polisi (KBP) Pol Rina Sari Ginting mengatakan, rapat bersama digelar dalam rangka membahas pengamanan pergantian tahun dari 2017 ke 2018 malam nanti.

“Rapat tadi membahas tentang pemantauan situasi dan kesiapan anggota Polri di setiap aktivitas masyarakat saat perayaan tahun baru 2018. Selain itu juga membahas bagaimana mengantisipasi wilayah yang rawan serta menanggulangi aksi radikalisme, terorisme dan intoleransi di wilayah Polda Sumut,” ujar Rina.

Dalam rapat tersebut Kapolda Sumut memberikan beberapa instruksi kepada jajarannya. Salah satu agar meningkatkan pemantauan situasi dan kesiapan setiap aktivitas masyarakat serta menunjukkan kesiapsiagaan untuk mengurangi kemacetan.

“Kemudian Pak Kapolda meminta kepada personel untuk mengawasi seperti wilayah yang rawan aksi teror, kriminalitas, macet dan rawan bencana alam. Itu harus harus diantisipasi agar masyarakat tidak resah,” kata Rina.

Kepada Direktur Lalu Lintas Kombes Pol Raden Heru Prakoso, pimpinan tertinggi dalam organisasi Polda Sumut itu mengingatkan harus mempunyai peta atau gambaran untuk memantau lalu lintas agar bisa mengantisipasi kemacetan.

Terkait masih kurangnya pembagian tugas kepada personel saat pengamanan di pos pam, Kapolda meminta kepada Karo Ops agar memberikan atensi kepada Kapolres dan seluruh anggota.

“Menciptakan keadaan aman dan tentram kepada masyarakat, serta harus adanya peran kepolisian mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, itu harapan Pak Kapolda,” sebut Rina.

Selanjutnya, Kapolda juga menekankan agar terus meningkatkan kewaspadaan di tempat-tempat yang memiliki peluang aksi terorisme seperti rumah ibadah, tempat keramaian, pelabuhan, terminal dan bandara.

“Perintah Pak Kapolda untuk para personel agar memberikan tindakan tegas kepada pelaku kejahatan yang tidak memikirkan hak asasi manusia,” tutur Rina.

Sementara itu, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto meminta kepada Kapolrestabes Medan KBP Dadang Hartanto SH SIK MSi agar berkoordinasi kepada Kapolres sejajaran untuk membuat pengalihan jalan agar tidak membuat kemacetan di Kota Medan. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds