Wali Kota Sidak ke RSUD Dr Pirngadi, Pasien Curhat Dokter Jarang Datang

Dzulmi Eldin sidak ke ruangan pasien di RSUD dr Pirngadi, Selasa (2/1/2018).
Foto : ist

Dzulmi Eldin sidak ke ruangan pasien di RSUD dr Pirngadi, Selasa (2/1/2018). Foto : ist

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Wali Kota Medan H T Dzulmi Eldin memulai hari pertama kerja pada tahun 2018 dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan.

Sidak tersebut dilakukan di OPD yang bersentuhan dengan pelayanan publik, Selasa (2/1/2017) seperti di RSUD dr Pirngadi Medan. Eldin langsung disambut tangisan oleh keluarga pasien di ruang rawat inap di lantai dua. Pasalnya, keluarga pasien mengaku kecewa dengan pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit. Pasien atas nama Budi Hartono (45) yang dihipotesis menderita kanker hati kurang mendapatkan pelayanan maksimal.

Dengan menangis terisak-isak, Anum (38), salah seorang adik pasien langsung mengungkapkan keluhannya, karena abangnya sudah dua minggu dirawat namun kondisi kesehatannya justru semakin memburuk dan acapkali menjerit kesakitan.

“Tologlah dibantu abang kami, Pak Wali. Sudah dua minggu dirawat disini tapi gak ada perubahan. Selama dirawat jarang diperiksa dokter, hanya perawat saja. Kami nggak tega lagi melihat kondisinya. Perut abang kami semakin membengkak, sering kali bang kami menjerit kesakitan,” ungkapnya.

Eldin sontak terkejut mendengar pengaduan Anum. Apalagi tidak hanya Anum, beberapa keluarganya yang lain juga ikut menangis. “Dokter jarang masuk Pak Wali. Kalau beginin terus, kami takut sesuatu terjadi dengan abang kami. Sudah beberapa kali kami minta agar pihak rumah sakit (RSUD) Dr Pirngadi) agar merujuk abang kami ke RSUD H Adam Malik, tapi sampai saat ini tidak juga dirujuk,” bebernya lagi.

Wajah Eldin pun memerah dan langsung menanyakan kebenaran pengaduan keluarga pasien kepada Dirut RSUD Dr Pirngadi Suryadi Panjaitan yang ikut mendampingi saat peninjauan berlangsung. Namun menurut Suryadi, pihaknya sudah memberikan pelayanan, sedangkan dokter tidak memeriksa karena kebetulan hari libur.

Tidak puas mendengar jawaban Suryadi, Eldin kemudian menanyakan siapa dokter yang bertanggung jawab di ruang tersebut. Namun dokter yang dicari tidak berada di tempat, Eldin pun tampak marah. “Segera jatuhkan sanksi kepadanya (dokter yang bertanggung jawab). Saya tidak mau ada keluhan seperti ini. Seluruh pasien yang dirawat di rumah sakit ini harus mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya!” tegasnya.

Setelah itu Eldin pun mencoba menenangkan keluarga pasien. Dia memastikan pasien yang bersangkutan akan dirawat dengan sebaik-baiknya. “Mengenai permintaan keluarga agar pasien dirujuk ke RSUD H Adam Malik, saya minta secepatnya dilakukan. Kalau bisa hari juga, jangan pernah sekalipun mempersulit urusan,” perintahnya.

Selain itu dalam sidak yang dilakukan tersebut, Eldin juga mendapati ruangan untuk tempat pasien mendaftar bocor. Oleh karenanya Eldin minta segera dilakukan perbaikan, sebab kalau hujan deras turun tentunya sangat mengganggu ketenangan dan kenyamanan pasien beserta keluarga. “Saya rasa untuk mengatasi bocor itu biasa diselesaikan satu hari juga,” tegasnya.

Selain RSUD dr Pirngadi, OPD lain yang disidak yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kantor Camat Medan Petisah serta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT). (nin/pojoksumut)



loading...

Feeds