Hari Ini, PDIP Akan Umumkan Balon Gubsu

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan bakal calon (Balon) gubernur Sumatera Utara (Gubsu) hari ini, Kamis (4/1/2018).

Direncanakan, pengumuman Balon Gubsu yang akan disampaikan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarno Putri di Jakarta, bersamaan dengan balon kepala daerah lainnya, yang bertarung pada Pilkada serentak 2018.

“DPD PDIP Sumut sudah menerima undangan untuk hadir ke DPP, karena akan ada pengumuman balon Gubernur Sumut,” kata Sekretaris DPD PDIP Sumut, Sutarto, baru-baru ini.

Dia menuturkan, nama-nama yang akan diumumkan sudah merupakan satu paket, yakni calon kepala daerah dan wakilnya. Termasuk juga Parpol yang akan berkoalisi.

“Pasti DPP sudah komunikasi dengan parpol lain untuk koalisi. Sebab, PDIP hanya punya 16 kursi dan butuh 4 kursi tambahan,” sebutnya.

Menurut Sutarto, kursi tambahan itu bisa didapat dari beberapa parpol yang belum menentukan sikap, seperti PPP ataupun Hanura.

Ia mengaku, dirinya belum mendapatkan bocoran mengenai siapa Balon Gubsu dan Wagubsu yang menerima undangan. “Balon Gubsu dan Wagubsu yang diusung pasti hadir, karena mereka akan menerima langsung keputusan nantinya,” tuturnya.

Namun demikian, kata Sutarto, dia cukup yakin PDIP akan mengusung Djarot Saiful Hidayat. “Peluang mas Djarot sangat besar, karena diterima di kalangan internal,” ucapnya.

Sementara, pengamat politik dari UMSU, Shohibul Ansor Siregar meyakini PDIP akan mengusung Djarot di Pilgubsu 2018. Sebab, menurutnya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu memiliki popularitas yang tinggi. Popularitas Djarot di Indonesia berada di posisi kelima.

“Popularitas tertinggi tentunya Presiden Jokowi. Kedua Prabowo, ketiga Anies Baswedan, keempat Sandiaga Uno dan kelima Djarot. Makanya, saya melihat PDIP begitu berkeinginan berkuasa di Sumut. Sampai-sampai Djarot terjun ke Sumut setelah Pilkada DKI Jakarta selesai,” ujarnya.

Untuk diketahui, KPU Sumut mulai membuka pendaftaran pada tanggal 8 hingga 10 Januari mendatang. Jumlah kursi di Gedung DPRD Sumut sebanyak 100, dengan rincian Partai Golkar (17 kursi), PDI Perjuangan (16 kursi), Partai Demokrat (14 kursi), Partai Gerindra (13 kursi), Partai Hanura (10 kursi), PKS (9 kursi), PAN (6 kursi), Partai Nasdem (5 kursi), PPP (4 kursi), PKB dan PKPI masing-masing 3 kursi. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds