Terdakwa Pembakaran Rumah di Tuntungan Dihukum Seumur Hidup


POJOKSUMUT.com, MEDAN-Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan menuntut empat terdakwa pelaku pembakaran rumah di kawasan Jalan Pertanian/ Milala, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan dengan hukuman penjara seumur hidup.

Tuntutan tersebut disampaikan oleh JPU Kejari Medan, Sindu Utomo di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (9/1/2018).

Menurut Sindu, para terdakwa masing-masing Cari Muli br Ginting, Jaya Mita br Ginting, Maju Suranta Siallagan alias Maju Ginting, Rudi Suranta Ginting dan dan Zulpan Nitra Purba bersalah melanggar Pasal 187 ayat (3) KUHPidana Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1. Pasal tersebut mengatur tentang perbuatan dengan sengaja melakukan pembakaran hingga menyebabkan orang lain meninggal dunia.

“Meminta majelis hakim untuk menjatuhi masing-masing terdakwa dengan hukuman seumur hidup,” sebut Sindu di hadapan majelis hakim yang diketua Richard Silalahi.

Disebutkannya, kelima terdakwa dinilai terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pembakaran rumah di Jalan Pertanian/Milala, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Rabu 5 April 2017, lalu. Akibatnya, 4 orang penghuni rumah tersebut tewas didalam rumah terbakar itu.

Keempat korban tewas itu, masing-masing bernama ‎Marita br Sinuhaji, Frenki Riza Ginting, Kristin br Ginting dan Selvi br Ginting. Korban tewas dikarenakan pembakaran. Peristiwa pembakaran, dibakar oleh terdakwa dari luar dengan menggunakan bensin.

Atas peristiwa itu, Korban meninggal menghirup CO2. Hasil autopsi, tenggorokan sampai paru-paru korban penuh CO2 dan mengalami luka bakar derajat 1 dan 2. Sedangkan, penyebab peristiwa itu terjadi latar belakangi persoalan jual-beli tanah dan rumah. Ada hal yang belum terselesaikan antara korban dan terdakwa.

Usai mendengar tuntutan dari JPU, majelis hakim menunda sidang dan akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda mendengarkan nota pembelaan (pledoi), yang akan disampaikan langsung oleh kelima terdakwa tersebut pada Kamis (11/1/2018) mendatang. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds