Wali Kota Dukung Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Puskesmas Kota Tanjungbalai

Pertemuan Wali Kota Tanjungbalai dengan Dinas Kesehatan dan Jajaran Puskesmas se-Kota Tanjungbalai di Aula II Kantor Wali Kota, Rabu (10/1/2018).

Pertemuan Wali Kota Tanjungbalai dengan Dinas Kesehatan dan Jajaran Puskesmas se-Kota Tanjungbalai di Aula II Kantor Wali Kota, Rabu (10/1/2018).

POJOKSUMUT.com, WALI KOTA Tanjungbalai H M Syahrial mendukung Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Ini diungkapkannya saat menghadiri pertemuan dengan Dinas Kesehatan dan Jajaran Puskesmas se-Kota Tanjungbalai di Aula II Kantor Wali Kota, Rabu (10/1/2018).

Syahrial menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokus dan perhatian seluruh Puskesmas yakni evaluasi seluruh ASN baik dokter, bidan, perawat.

“ASN yang ada di masing-masing Puskesmas apakah sudah ideal, tingkatkan sistem Pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tingkatkan kualitas kebersihan dan kesehatan lingkungan Puskesmas serta penyusunan rencana anggaran yang akan digunakan dalam pelaksanaan akreditasi ini nantinya,” ujarnya.

“Secara keseluruhan saya sangat mendukung program Akreditasi Puskesmas ini di Kota Tanjungbalai guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik dan optimal bagi kesejahteraan dan kemajuan kota tanjungbalai,” ucapnya.

Dalam hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai, Burhanuddin Harahap menyampaikan mempersiapkan diri dalam rangka Akreditasi Tingkat Pertama terhadap Puskesmas se-Kota Tanjungbalai. Dia menjelaskan dengan dikeluarkannya Akreditasi Tingkat Pertama artinya pengakuan dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI tentang Standar Pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama berdasarkan Mutu Pelayanan yang berkesinambungan dilaksanakan di Puskesmas tersebut.

“Manfaat Akreditasi FKTP bagi masyarakat yakni memperkuat kepercayaan masyarakat dan adanya jaminan kualitas dari Puskesmas sedangkan bagi FKTP menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas, meningkatkan pendidikan staf, meningkatkan pengelolaan resik serta meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian dan konsistensi dalam bekerja,” ungkapnya.

Beberapa item yang menjadi perhatian dalam persiapan akreditasi Puskesmas diantaranya Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana, Kesehatan Lingkungan, Pelayanan Gizi, Kesehatan Jiwa, Pencegahan dan pengendalian penyakit.

Dalam pertemuan tersebut seluruh Kepala Puskesmas juga menyampaikan situasi dan kondisi Puskesmasnya masing-masing dalam mempersiapkan diri dalam mengikuti Akreditasi Tingkat Pertama ini.

Acara yang dihadiri Seketaris Daerah Abdi Nusa, Asisten Ekbangsos H Abdul Hayyi Nasution, Kepala OPD terkait, Jajaran Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kota Tanjungbalai. (CR-1/pojoksumut)



loading...

Feeds