Munas Pertama PP IKA USU, Lahirkan Sejarah Baru setelah 65 Tahun

Ketua Umum PP IKA USU menyampaikan arahannya pada Munas I, yang digelar di Convention Hall Raz Plaza, Medan, Jumat (12/1/2018). 
Foto : fir/pojoksumut

Ketua Umum PP IKA USU menyampaikan arahannya pada Munas I, yang digelar di Convention Hall Raz Plaza, Medan, Jumat (12/1/2018). Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sumatera Utara (PP IKA USU) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) I di Convention Hall Raz Plaza Medan, Jumat (12/1/2018). Digelarnya munas pertama ini bertujuan untuk merajut sinergi dalam kebersamaan.

Ketua Umum PP IKA USU Sofyan Raz mengatakan, munas yang digelar mengangkat tema ‘Merajut Sinergi Dalam Kebersamaan Untuk Mewujudkan USU yang Bermartabat Menuju Bangsa Pemenang’. Menurutnya, munas ini menjadi sejarah baru bagi USU.

“Setelah 65 tahun USU, baru mempunyai pengurus IKA secara nasional hingga tiga tahun lamanya. Oleh karena itu, Munas ini akan menjadi sejarah baru bagi USU yang telah meluluskan ratusan ribu alumninya,” kata Sofyan Raz.

Diungkapkannya, USU hingga tahun 2017 ini telah melahirkan 185.198 alumni terbaik yang tersebar di seluruh nusantara dan mancanegara. Jumlah alumni ini merupakan potensi yang sangat besar apabila dapat memanfaatkan dan mengelola dengan baik potensi. Maka, pengembangan dan percepatan capaian-capaian USU sebagai perguruan tinggi yang unggul baik di tingkat nasional maupun global akan lebih mudah dilakukan.

Sofyan Raz menyebutkan, PP IKA USU periode 2015-2017 dilantik oleh Rektor USU Prof Dr dr, Syahril Pasaribu DTM&H, MSc (CTM), SpA (K) berdasarkan Surat Keputusan Rektor USU No.119/UN5.1.R/SK/SDM/2015 pada tanggal 27 Januari 2015. Ada tugas-tugas strategis yang dibebankan kepada Pengurus Pusat IKA USU waktu itu, di antaranya membentuk organisasi di tingkat provinsi, melaksanakan kerja-kerja strategis demi tegaknya eksistensi USU secara nasional dan menyelenggarakan Munas IKA USU yang pertama.

“Dapat kami sampaikan bahwa seluruh tugas-tugas dan wewenang ini telah dapat dikerjakan. Di tingkat internal (yakni konsolidasi dan pengembangan organisasi), IKA USU telah membentuk berbagai lengurus wilayah di seluruh Indonesia. Di tingkat eksternal dan nasional, sejak tahun 2017 IKA USU bergabung dengan Ikatan-Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (HIMPUNI). Oleh karena itu, tinggal satu kegiatan lagi yang menjadi tugas utama PP IKA USU adalah penyelenggaraan munas. Sebab, munas memiliki peran strategis karena hasilnya akan dapat menjamin konsistensi dan kontinuitas keberadaan IKA USU di masa mendatang,” ungkapnya.

Menurut dia, keberadaaan IKA USU di dalam HIMPUNI berimplikasi pada keterlibatan IKA USU sebagai organisasi non-partisan yang menjunjung tinggi kebhinnekaan, kesetaraan dan harus memberikan pemikiran-pemikiran strategis untuk Negara dan bangsa Indonesia. Sebagai anggota HIMPUNI, maka IKA USU diharapkan ikut membawa Indonesia menjadi bangsa yang maju, berdaulat dan mampu bersaing di tataran global sebagai bangsa pemenang.

“Konsistensi serta kontinuitas dalam menjalankan peran-peran strategis baik untuk penguatan kapasitas internal IKA USU (yakni pengembangan organisasi IKA USU di seluruh propinsi, penguatan kapasitas IKA USU khususnya IKA Prodi), maupun secara eksternal berupa eksistensi IKA USU dalam HIMPUNI termasuk kelompok-kelompok kerja yang terbentuk di dalamnya. Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah bahwa Munas I IKA USU ini juga berperan untuk Konsolidasi Organisasi dan Alumni USU. Oleh karena itu, meminta kepada seluruh Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus IKA Fakultas/Prodi untuk dapat bermusyawarah dengan mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan dan kebersamaan,” paparnya.

Ia menambahkan, keberadaan IKA USU diharapkan nantinya bisa berdampak atau membantu karir dari para alumni. Hal ini pula yang menjadi salah poin penting bagi pengurus-pengurus wilayah IKA USU.

“Selama ini para alumni USU yang tersebar di berbagai wilayah terkesan menjadi penonton atau berjuang secara individu. Padahal, mereka berasal dari satu almamater yang sama. Oleh karenanya, melalui munas ini juga diimbau agar bersinergi satu sama lain atau saling mendukung,” imbuhnya.



loading...

Feeds