Ini Calon Bupati Terkaya di Sumut Versi KPK

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Gegap gempita pemilihan calon gubernur Sumatera Utara 2018 makin kental terasa di delapan kota/daerah yang juga  akan memilih calon bupati/wali kota baru.

Kedelapan daerah/kota yang ikut Pilkada serentak adalah adalah Langkat, Deliserdang, Dairi, Batubara, Tapanuli Utara, Padangsidimpuan, Padanglawas dan Padanglawas Utara (Paluta).

Saat ini, para figur bakal calon sudah saling unjuk gigi, termasuk dengan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) masing-masing calon ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dilansir dari laman resmi KPK.go.id,  sudah ada tujuh daerah/kota di Sumut yang para calonnya menyerahkan LHKPN baik secara online dan offline. Dari laporan teranyar 14 Januari 2018, calon bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu memiliki kekayaan terbanyak versi KPK dengan Rp61,554 miliar. Eddy diketahui telah menyerahkan LHPKN tanggal 19 Desember 2017.

Dari laman pribadi Eddy, diketahui dia merupakan alumni S-1 Teknik Sipil, Universitas Parahyangan Bandung, dan Pendidikan Akhli Teknik di Institute Teknolog Bandung. Namun, banyak menghabiskan karirnya di beberapa bank dan asuransi.

 

Eddy Keleng Ate Berutu

Selanjutnya, ada calon wali kota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution dengan Rp41,862 miliar, dimana dia menyerahkan LHPKN pada 4 Januari 2018. Berikutnya urutan ketiga ada Mion Tarigan, calon bupati Deliserdang dengan total harta kekayaan Rp27,997 miliar yang dilaporkan tertanggal 13 Januari 2018.

Dari laporan ini juga, terlihat calon kepala daerah dengan jumlah harta paling sedikit yaitu Bilker Purba yang mencalonkan diri sebagai wakil bupati Dairi. Dia melaporkan hanya memiliki harta kekayaan senilai Rp53,450 juta yang dilaporkannya tertanggal 9 Januari 2018.

Pun demikian, masih ada satu daerah yang belum tampak calon kepala daerahnya menyerahkan LHPKN yaitu Paluta.

Selain itu yang tak kalah penting adalah, belum ada satupun calon gubenur Sumatera Utara yang namanya tertera dalam laporan tersebut.



loading...

Feeds