Ingat! Stok Beras Aman di Medan, Tak Perlu Impor

Sidak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan ke sejumlah distributor beras di Jalan Sibayak Medan, Rabu (17/1/2018).

Sidak Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan ke sejumlah distributor beras di Jalan Sibayak Medan, Rabu (17/1/2018).

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga beras sudah kembali turun, setelah lebih sepekan melonjak dikarenakan stok minim.

Berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Medan ke sejumlah distributor beras di Jalan Sibayak Medan, pedagang tak berani memasok beras medium karena takut merugi.

Pasalnya, harga pengambilan beras dari kilang padi telah melampaui harga eceran tertinggi (HET) Rp9.850 yang ditetapkan pemerintah.

Salah satu distributor di Jalan Sibayak Medan, Susanto mengakui, sejak awal tahun, harga beras medium di Medan mengalami kenaikan.

“Harga dari kilang Rp10.500/kg sehingga kami tak berani ambil,” katanya di sela-sela inspeksi mendadak (sidak) oleh Komisi Pengawas Persaiangan Usaha (KPPU) di kawasan tersebut Rabu (17/1/2018).

Diakuinya, keadaan seperti ini sempat terjadi selama dua pekan sehingga menyebabkan harga beras di pasaran mengalami kenaikan. Begitupun, dalam tiga hari terakhir harga beras kembali mengalami penurunan.

Menurut dia, awal bulan ini sebagian besar distributor di sana tak berani memasok beras medium karena harganya terlampau tinggi. Dengan harga pengambilan sebesar Rp10.500/kg, distributor dipastikan akan kewalahan menjual atau melepas ke pedagang. “Kami mau lepas dengan harga berapa lagi jika harga pengambilan sudah segitu,” katanya.

Adapun harga normal di tingkat kilang biasanya sebesar Rp9.800/kg, kemudian distributor melepas ke pedagang dengan harga Rp9.900/kg. Hingga ke tingkat konsumen, harga bermain pada kisaran Rp10.000 hingga Rp10.500 per/kg. “Saat ini sudah mulai normal dan bisa mencukupi kebutuhan minimal sebulan ke depan,” ungkapnya.

Dalam sidak tersebut, KPPU mendapati bahwa harga beras telah kembali normal, baik medium maupun premium. Kepala Kantor KPPU Medan Ramli Simannjuntak mengungkapkan, dengan pasokan yang ada, Medan tak perlu impor beras bahkan harga beras di Medan dipastikan tak akan naik hingga beberapa waktu ke depan.

“Jadi, Medan gak perlu import beras. Jadi kalau ada masuk ke distributor maka itulah yang kita cari dan bila kita temukan akan kita tindak. Maka, jangan sampai masuk beras import ini,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds