Pak Menteri, Tarif KA Bandara Kualanamu Mahal!

Kereta api Railink jurusan Medan-Kualanamu.

Kereta api Railink jurusan Medan-Kualanamu.

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga tiket perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Kualanamu terbilang mahal. Sebab, hanya sekali perjalanan saja tarifnya sebesar Rp80 ribu.

Terkait mahalnya tarif KA Bandara Kualanamu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku belum ada wacana penurunan sejauh ini. Dia menyatakan tarifnya tetap seperti itu.

“Saya pikir, kita masih tetap Rp80 ribu. Namun, kemungkinan kita akan berikan substitusi (pengganti) lain untuk harga tiket,” ujarnya saat diwawancarai ketika meninjau Stasiun KA Medan, Rabu (17/1/2018).

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat kunjungan ke Medan, Rabu (17/1/2018).
Foto : fir/pojoksumut

Menurut dia, KA Bandara Kualanamu atau Railink tidak langsung dikelola oleh pemerintah. Sehingga, kalau harga tiket ditekan atau lebih rendah dikhawatirkan berdampak terhadap pertumbuhan bisnisnya.

“Biasanya di kota-kota lain harga tiket KA disubsidi oleh pemerintah daerah (Pemda). Oleh sebab itu, nanti akan dibicarakan dengan Pemda setempat mengenai persoalan ini atau ada dukungan dari sponsor,” tutur Budi Karya.

Oleh karena itu, tambahnya, apabila nantinya disetujui disubsidi oleh Pemda tentunya akan semakin turun harganya.

Sebelumnya, Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu mengatakan tarifnya dinilai masih terlalu mahal.

“Tarif ini mahal per sekali jalan. Padahal sebenarnya bisa diturunkan jika pemerintah mensubsidi bahan bakarnya,” kata Gus Irawan.

Gus pun meminta kepada BPH Migas sebagai regulator agar melakukan kajian sehingga ongkos kereta api bandara bisa diturunkan. Kata dia, harusnya kereta api bandara sudah bisa mendapatkan subsidi.

“Karena mahalnya ongkos KA bandara maka kapasitas penumpang hanya rata-rata di bawah 60 persen,” jelasnya.

Menurut dia, dengan turunnya tarif KA bandara, paling tidak kapasitas penumpang bisa optimal. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

DCS Masih Bisa TMS, Ini Faktornya…

Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba menambakan, dari DCS yang diumumkan jika ada TMS otomatis nomor bacaleg di bawahnya naik ke …