Proyek Double Track KA Sudah 90 Persen

Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Rabu (17/1/2018)
Foto : fir/pojoksumut

Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Rabu (17/1/2018) Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pengerjaan jalur ganda atau double track kereta api (KA) masih terus dikebut pengerjaannya oleh Kementerian Perhubungan.

“Progres double track sudah 90 persen pengerjaannya. Target operasional kira-kira Oktober-November,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika ditemui sesuai mengikuti Rakernas Kemenristekdikti 2018 di Kampus USU, Medan, Rabu (17/1/2018).

Dia mengaku, dalam pengerjaan proyek tersebut fokusnya terbagi-bagi. Tak hanya track saja, pihaknya juga membangun stasiun.

“Pengerjaannya sedikit atau fokusnya terbagi-bagi, apalagi operasional KA harus tetap beroperasi. Pun begitu, akan kita selesaikan tahun ini,” katanya.

Ia berharap, bila nantinya proyek ini selesai termasuk yang menuju Kualanamu, maka jalur KA semakin lebih baik. Tentunya, berdampak terhadap peningkatan penumpang dengan ekspektasi menjadi dua kali lipat.

“Memang kita harus melakukan upaya maksimal dari segi pembangunan maupun utilisasi KA itu sendiri. Saat ini KA Bandara hanya 30 persen, oleh karenanya kita menghimbau kepada masyarakat Medan maupun Sumut dapat menggunakannya. Sebab, dengan menggunakan selain ramah lingkungan juga memberikan solusi terhadap kemacetan lalu lintas di Kota Medan yang begitu padat,” sebutnya.

Menurut Budi, dengan adanya jalur ganda, perjalanan KA akan bertambah dari 42 perjalanan menjadi 76 perjalanan. Selain itu, kecepatan akan meningkat semula 30 menit dari Medan ke Bandara Kualanamu menjadi 20-25 menit. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds