Lama Tak Berkabar, Beginilah Kondisi Aktor Laga Asal Tanah Karo, Advent Bangun

Selamat Jalan Bang. Advent Bangun saat menjalani perawatan beberapa waktu lalu.

Selamat Jalan Bang. Advent Bangun saat menjalani perawatan beberapa waktu lalu.

POJOKSUMUT.com, KABAR mengejutkan datang dari aktor laga kawakan asal Tanah Karo, Sumatera Utara, Advent Bangun. Pria yang juga atlet nasional karate kini tergolek lemah tak berdaya karena harus dirawat intensif di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, sejak Rabu (17/1/2018).

Lawan main Barry Prima di tahun 80-an itu menderita gagal ginjal, dan kini sangat membutuhkan donor darah O. Ia masih harus dirawat di Rumah Sakit Fatmawati belum diperbolehkan untuk kembali ke rumah.

“Belum, kondisinya belum memungkinkan, karena kemarin muntah-muntah. Kan kalau orang cuci darah harus makan banyak, tapi kemarin kurang, jadi muntah-muntah sehingga harus tambah darah,” kata Istri Advent, Lois Sinulinga.

Saat ini, kondisi Advent sudah lebih baik. Ia bisa berkomunikasi. Meski jarum infus masih menancap di tubuhnya, ia tak perlu menggunakan alat bantu pernafasan.

Advent harus cuci darah sejak medio 2017. Ia harus menjalani cuci darah dua kali dalam satu minggu. Kesehatannya memang mulai turun sejak beberapa tahun terakhir.

“Persisnya kurang tahu ya tapi mulainya itu tahun 2005 tetapi habis masa itu juga sebenarnya masih biasa saja cuma mungkin karena faktor umur juga,” ucap Lois.

Lois membantah suaminya saat ini masih butuh transfusi darah. Proses transfusi telah selesai dilakukan dan berjalan lancar. Advent mendapat transfusi tiga kantung darah.

“Kalau butuh darah enggak, transfusinya sudah berjalan dan sudah selesai juga,” kata Lois.

Lois mengaku pada awalnya tidak mau membicarakan hal ini kepada publik. Transfusi darah dilakukan karena Advent gagal ginjal. Bintang film laga era 1980-an itu juga kurang asupan cairan.

“Memang cuci darah karena gagal ginjal. Jadi bukan karena ada penyakit baru, tapi gagal ginjal. Kemarin kurang minum jadi kondisinya kurang. Kalau enggak ditambah transfusi enggak bisa cuci darah,” pungkasnya.
(ysp/pojoksatu/nin)



loading...

Feeds