Harga Cabai Merah, Telur dan Daging Ayam di Medan Melambung

Telur
pixabay

Telur pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Harga sejumlah kebutuhan pokok di Kota medan memang mengalami kenaikan.

Salah satuya harga telur ayam yang kini menjadi Rp23 ribu per kg. Kenaikan harga juga diikuti dengan daging ayam, dimana harga sebelumnya yang diperdagangkan dikisaran Rp27 ribuan per kg menjadi Rp32 ribu per kg.

“Untuk harga yang satu ini (telur ayam), memang terdapat sejumlah gangguan di sisi produksi. Musim paceklik panen ditambah dengan permintaan akan telur yang signifikan dari luar mengakibatkan harga naik. Bahkan, sejumlah gangguan pasokan terjadi di wilayah Pantai Labu (Kabupaten Deliserdang) dan sekitarnya,” ungkap Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Rabu (24/1/2018).

Tak hanya kedua bahan pokok itu, kenaikan harga juga terjadi pada cabai merah. Harga salah satu bumbu dapur tersebut sebelumnya berkisar Rp44 ribu per kg, kini menyentuh Rp54 ribu per kg.

“Kenaikan harga cabai merah tersebut disinyalir lebih dikarenakan gangguan sisi produksi. Sementara itu cabai dari wilayah lain juga tidak begitu membanjiri pasar-pasar yang ada di wilayah Sumut khususnya Kota Medan,” sebut Gunawan.

Diutarakannya, untuk harga cabai rawit masih bertahan mahal di kisaran Rp60 ribu per kg. Komoditas cabai ini memang cukup merepotkan, karena harganya tak kunjung turun belakangan.

“Walau demikian, berkaca terhadap kinerja harga cabai di tahun lalu maka peluang harga cabai turun sebenarnya sangat terbuka. Pola produksi akan segera berubah jika pada saat cabai mahal masih terdapat tanaman cabai baru yang belum siap berbuah,” katanya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds