Pelindo I Targetkan 2023 Kuala Tanjung Jadi Hub Internasional

Pelabuhan Kuala Tanjung

Pelabuhan Kuala Tanjung

POJOKSUMUT.com, MEDAN-PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) terus menggenjot proyek Pelabuhan Kuala Tanjung. Ditargetkan, pelabuhan yang direncanakan mulai beroperasi pada April tahun ini, menjadi hub internasional pada 2023 mendatang.

Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, pembangunan yang dilakukan sekarang masih tahap 1 dan juga menyiapkan kawasan industri terpadu atau Industrial Gateway Port karena belum ada volume yang keluar-masuk.

Untuk itu, harus membangun terlebih dahulu kawasan industrinya yang membutuhkan waktu minimal 5 tahun ke depan.

“Tahap 3 dengan perkiraan 5 tahun atau 2023 yang akan datang, Pelabuhan Kuala Tanjung sudah bisa menjadi hub internasional,” kata Bambang Eka saat ditemui di Medan belum lama ini.

Dia menyebutkan, pada tahap 1 diinvestasikan dana sebesar Rp4 triliun. Biaya tahap 1 ini mengalami pembengkakan sekitar 10 persen, yang direncanakan semula Rp3,7 triliun.

Hal itu disebabkan lantaran membangun dermaganya cukup luas mencapai 2,87 km dari sisi barat, kedalaman tiang panjangnya lebih dari yang diperkirakan. Awalnya diperkirakan 40 meter kedalamannya, ternyata mencapai 65-70 meter.

“Awal investasi kita perkirakan sekitar Rp3,7 triliun, tapi sekarang menjadi Rp4 triliun. Menurut saya wajar biaya tambahan tersebut untuk eskalasi yang mencapai 10 persen,” katanya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Minggu Depan, PNS Terima THR

Sedangkan untuk gaji 13, Asman menyatakan, akan dibayar terpisah yaitu menjelang tahun ajaran baru sekitar akhir Juni atau awal …