Tanpa Papan Informasi , Orang Tua Murid Curigai Penggunaan Dana BOS SMP Negeri 1

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, TANJUNGBALAI-Penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP Negeri 1 Kota Tanjungbalai mendapat kritikan. Pasalnya, dana tersebut dituding dikelola secara tidak transfaran.

Dana BOS di sekolah tersebut dengan jumlah pagu anggaran yang ditaksir lebih dari Rp1 miliar per tahun. Selain kekhawatiran adannya penyelewengan juga tidak adanya informasi penggunaan dana BOS yang dipasang di lokasi.

Hal ini membuat orang tua siswa di sekolah tersebut bertanya. “Saya heran dengan sekolah ini, salah satunya dengan penggunaan dana BOSnya. Karena tidak pernah saya melihat papan informasi penggunaan dana BOSnya dipasang. Dimana pada papan informasi itulah kita dapat melihat semua kegiatan pengelolaan dana BOS. Kalau ada papan informasi itu, pasti kelihatan untuk apa saja digunakan. Tapi kita tidak pernah melihatnya, mungkin sengaja ditutup-tutupi,” ujar pria yang enggan namanya dipublikasikan.

Sementara itu, Ade Abustani, Aktivis Kota Tanjungbalai sangat menyayangkan ketidakterbukaan informasi penggunaan dana BOS. Dia menilai hal yang erkaitan dengan dana BOS, maka pihak sekolah wajib mengumumkan kepada publik untuk transparansi. “Bukan mesti pada media massa, koran atau pun media eletronik sekalipun, jangan ditutup-tutupi karena menyangkut dengan uang masyarakat,” ungkapnya, kemarin (25/1/2018).

Dengan ini, menurut Ade pihak Kepala Sekolah telah melanggar beberapa ketentuan perundang-undangan. Di antaranya UU no 14 Tahun 2008 tenang Keterbukaan Informasi Publik. “Karena dengan memasang papan informasi penggunaan dana BOS tersebut termasuk juga publikasi,” beber Ade

“Kami mengimbau kepada Wali Kota H M Syahrial selaku pejabat tertinggi di Daerah Kota Tanjungbalai, segera menyikapi dan menindak tegas Kepala Sekolah yang mencoba bermain-main dengan anggaran dana BOS,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi Kepala Sekolah Ahli Edison menjelaskan sejatinya papan informasi dana BOS ada dipasang di sekolah itu. “itu di dalam sudah hilang dikoyak orang, apalagi dibuat di luar. Tambah gampang terbang,” kilahnya. (CR-1/pojoksumut)



loading...

Feeds