Wow! KPPU Medan Tantang Balon Kepala Daerah Sumut

ilustrasi
net

ilustrasi net

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Bakal calon (balon) kepala daerah Sumatera Utara (Sumut) yang bertarung dalam pesta demokrasi pada tahun ini ditantang oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Medan. Tantangan tersebut dialamatkan bagi pasangan calon yang menang, agar ketika memimpin nantinya jangan sampai pengadaan barang dan jasa terjadi persekongkolan.

“Kita tantang calon-calon kepala daerah agar bagaimana prinsipnya dalam pengadaan barang dan jasa tetap mengacu kepada Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1999. Artinya, tidak ada pengaturan, baku atur atau persekongkolan,” ungkap Kepala KPPU KPD Medan, Ramli Simanjuntak, Jumat (26/1/2018).

Menurut dia, apabila sudah diatur pasti ada nilai yang ditentukan, sehingga berdampak tidak maksimal pekerjaan. Misalnya, seharusnya suatu proyek yang ditenderkan selesai 10 tahun. Tapi, lantaran sudah baku atur atau bersekongkol sehingga 3 atau 4 tahun ternyata sudah rusak. Tentunya hal ini jelas merugikan masyarakat atau negara.

“Kasus seperti ini diharapkan tidak terjadi di Sumut baik itu balon kepala daerah yang menang dalam pemilihan nantinya hingga komisi pemilihan umumnya (KPU). Sebab, kalau sampai diatur, maka berhadapan dengan KPPU,” cetus Ramli.

Diutarakannya, sehubungan tahun politik dimana Sumut diadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pengadaan logistik di KPU baik provinsi maupun daerah jangan sampai terjadi juga pelanggaran UU Nomor 5/1999. Dengan kata lain, pengaturan proyeknya yang menang diatur atau sudah ditentukan.

Sebagai contoh, pernah terjadi di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel), saat dirinya bertugas di sana. Dalam kasus tersebut, pihaknya memeriksa dan menghukum KPU karena pengadaan logistik Pemilihan Gubernur Sulsel pada 5 tahun lalu.

“Hasil penyelidikan kami, proses logistiknya sudah diatur. Cara pengaturannya, ketika spesifikasi di KPU sudah mulai diatur atau mengarah pemenang tender logistiknya kepada pelaku usaha tertentu. Bahkan, spek seperti printing, offset dan lain-lain juga diatur.



loading...

Feeds