Hormati Papua, Butler Siap Coba Makan Papeda

Peter Butler

Peter Butler

 

POJOKSUMUT.com, Arsitek tim Persipura Jayapura, Peter Butler tak ingin berlama-lama bisa beradaptasi dengan kondisi di Papua. Termasuk menyangkut makanan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

Dengan bahasa Indonesia yang sudah cukup dikuasai, mantan pemain sepak bola kelahiran Britania Raya ini mau tidak mau juga akan mencicipi menu makanan tradisional di Papua salah satunya papeda, makanan berupa bubur sagu khas Papua yang biasanya dicampur sayur dan ikan.

Dia sendiri sudah pernah mendengar tentang papeda namun hingga kini belum pernah mencicipi. Setelah dibantu dijelaskan oleh Media Officer Persipura, Bento Madubun.

Mantan Pelatih Persiba Balikpapan ini akhirnya memahami jika papeda adalah makanan tradisional. Dia pun berniat mencicipi meski tahu, tak sedikit pemain asing Persipura yang sama sekali tak bisa memakan papeda.

“Oh iya saya tahu, saya ingin mencoba dan mungkin besok kalau ada jamuan saya ingin mencicipi yang disebut Papeda tadi,” kata Butler seperti dikutip dari Cenderawasih Pos.

Bento sendiri menjelaskan bahwa bila ada orang baru tinggal dan bekerja di Papua, suatu saat akan dipertemukan dengan papeda, makanan yang nikmat bila dimakan bersama dengan suasana kekeluargaan.

Biasanya masyarakat di Papua akan langsung menerima sosok asing yang mau bareng-bareng makan papeda.

Papeda, makanan khas Papua

Butler yang mendengar ini tampaknya semakin penasaran dan dia berjanji akan mencicipi. “Oke nanti saya coba,” ucapnya.

Hanya saja meski beberapa pemain asing Persipura dahulunya banyak yang suka dengan papeda, namun ada juga yang sama sekali tak bisa menelan makanan bertekstur lengket menyerupai lem tersebut.

Salah satunya adalah Victor Igbonefo. Dia mengaku sudah pernah mencoba namun akhirnya dimuntahkan karena tak bisa ditelan. “Sulit sekali, biar dibayar Rp 10 juta mungkin tetap akan sulit buat saya telan,” ucap Victor sambil tertawa kala itu.
(ade/jpg/sdf)



loading...

Feeds