Agribisnis UMA Raih Akreditasi A

Ilustrasi perkuliahan

Ilustrasi perkuliahan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Program studi (Prodi) Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area (UMA) meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Raihan akreditasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan No 9/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018.

Rektor UMA Prof H A Yakob Matondang  mengungkapkan, dengan diraihnya akreditasi A pada prodi Agribisnis sebagai bentuk pelayanan dan peningkatan mutu bagi para mahasiswa dan lulusan nantinya.

“Saya dan sivitas akademika UMA bersyukur dengan diberikannya kepercayaan pemerintah terhadap pemberian akreditasi A tersebut. Perolehan akreditasiini bisa lebih memacu diri bagi universitas untuk mendorong perbaikan mutu secara berkelanjutan, seperti pembukaan prodi doktor (S3) Ilmu Pertanian,” ungkap rektor, Selasa (30/1/2018).

Dia menyebutkan, jumlah prodi UMA sebanyak 20. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 prodi terakreditasi B dan 2 rodik terakreditasi A yaitu Agribisnis dan Manajemen.

Menurutnya, akreditasi merupakan kewajiban yang harus dipenuhi perguruan tinggi, baik akreditasi lembaga atau institusi maupun program-program studi yang diberikan. Akreditasi, lanjutnya, selain sebagai salah satu bentuk kontrol dan pengawasan pemerintah terhadap perguruan tinggi juga merupakan sistem penjaminan mutu eksternal terhadap para lulusannya.

“Akreditasi itu juga bermanfaat sebagai bahan pertimbangan atau kemudahan untuk penerimaan pegawai, pengakuan ijazah serta kompetensi internasional. Melalui akreditasi, pemerintah bisa lebih mudah menjamin mutu perguruan tinggi dan tenaga kerja yang lulus dari universitas yang sudah terakreditasi,” sebut rektor.

Dijelaskannya, dengan adanya akreditasi pemerintah bisa mendapatkan informasi mengenai perguruan tinggi untuk menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya.

“Ke depan, UMA berkomitmen untuk melakukan percepatan peningkatan mutu, tidak hanya program yang telah mendapatkan akreditasi A tapi juga prodi tertentu diharapkan mendapatkan akreditasi yang sama,” cetusnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kriteria penilaian memperoleh akreditasi A adalah melalui Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Yaitu, meliputi standar pendidikan, penelitian dan tridharma perguruan tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat.

“Ada 8 kriteria dan 24 item penilaian. Jika semuanya terpenuhi atau lebih, maka SNPT baru akan mendapatkan akreditasi A. Sementara kedua prodi baik manajemen dan agribisnis sudah melampaui standar nasional yang ditentukan,” bebernya.

Ia berharap masyarakat akan menambah perhatian lebih kepada UMA dengan ditandai peningkatan jumlah mahasiswa baru tahun ini. Tahun akademik 2017 lalu, jumlah mahasiswa baru UMA 3.000 orang dan tahun ini harus bertambah. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds