JPU Heran! Tiga Terdakwa Sabu 9,94 Kg Dihukum Penjara Seumur Hidup dan Denda Rp1 M

Tiga terdakwa menjalani persidangan, Selasa (30/1/2018).

Tiga terdakwa menjalani persidangan, Selasa (30/1/2018).

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan menjatuhi tiga terdakwa pemilik 9,94 kilogram (kg) sabu asal Malaysia, dengan hukuman penjara seumur hidup dan denda Rp1 miliar subsider 4 bulan kurungan.

Ketiga terdakwa tersebut masing-masing Musalin, Sulfan dan Zulkifli alias Dun.

“Menjatuhi masing-masing terdakwa dengan hukuman pidana penjara seumur hidup dan denda sebesar Rp1 miliar. Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayarkan maka diganti dengan hukuman selama 4 bulan kurungan,” ujar Ketua Majelis Hakim, Saryana saat membacakan putusan di Ruang Cakra VI Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (30/1/2018).

Menurut Saryana yang didampingi Janverson Sinaga dan Sabarulina Ginting sebagai hakim anggota, para terdakwa dinilai melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Setelah mendengar putusan tersebut, baik terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan menyatakan pikir-pikir.

“Kami pikir-pikir majelis,” kata Randy Tambunan.

Hukuman yang dijatuhi terhadap ketiga terdakwa dinilai ganjil atau aneh. Pasalnya, JPU Randi Tambunan mengaku hanya menuntut ketiga terdakwa dengan hukuman seumur hidup tanpa tambahan denda dan lainnya.

“Aku pun bingung dengar putusannya,” jawab Randy sembari tersenyum.

Untuk diketahui, kasus ini bermula ketika Polda Sumut berhasil mengamankan narkotika jenis sabu seberat 9,94 kilogram asal Malaysia dari tangan empat tersangka, yakni Mursalin, Sulfan, dan Zulkifli alias Dun. Satu tersangka lainnya bernama Abdul Jalil tewas tertembak.

Proses tibanya narkotika ini ke Indonesia, setelah salah seorang pemesan yang ada di Medan memerintahkan anak buahnya yang berada di Malaysia untuk mengambil barang haram tersebut. Lalu, diantar ke Indonesia melalui jalur laut di Belawan, Medan.

Penangkapan terhadap keempat tersangka dilakukan Ditresnarkoba Polda Sumut, Sabtu 6 Mei 2017, dari sejumlah lokasi. Ketika dilakukan penggeledehan, polisi berhasil mengamankan satu buah koper berwarna hitam, yang berisi sabu seberat 9,94 kilogram.

Selain sabu seberat 9,94 kilogram, petugas juga mengamankan barang bukti lainnya berupa dua unit mobil dengan merk Honda Odyssey dan Kijang Innova. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

DCS Masih Bisa TMS, Ini Faktornya…

Komisioner KPU Medan Pandapotan Tamba menambakan, dari DCS yang diumumkan jika ada TMS otomatis nomor bacaleg di bawahnya naik ke …