Paris Kebanjiran, Tinggi Air sampai 4 Meter

 Kota Paris Banjir (AFP)

Kota Paris Banjir (AFP)

POJOKSUMUT.com, Banjir terjadi di Ibu Kota Prancis, Paris akibat luapan sungai Seine. Ini menjadikan jalanan di kota Paris dipenuhi air keruh.

Seperti dilansir BBC, Senin, (29/1) banjir mencapai puncaknya sekitar empat meter di atas permukaan air normal.

Tingkat banjir naik menjadi 5,84 meter pada Senin pagi dan diperkirakan tidak akan surut sebelum Selasa. Sekitar 1.500 orang telah dievakuasi dari rumah mereka di wilayah Paris. Warga Paris juga harus bertahan tanpa arus listrik.

Tujuh stasiun komuter utama RER C, sekarang telah ditutup sampai setidaknya 5 Februari, dan beberapa jalan bebas hambatan yang berada di samping Sungai Seine telah ditutup.

Perahu wisata Bateaux Mouches yang terkenal di kota ini tidak beroperasi, hanya layanan darurat yang diizinkan menggunakan sungai.

“Semua orang berkeliling dengan kapal. Sebenarnya kami masih terbiasa dengan hal ini. Dalam 20 tahun terakhir ini adalah banjir yang kedelapan atau kesembilan,” ujar warga Paris, Serge Matikhe.

Tingkat air diprediksi akan tetap tinggi sepanjang minggu, karena curah hujan yang masih tinggi. Diperkirakan masih akan memperburuk keadaan banjir ini.

Bahkan beberapa kota di hilir Paris diperkirakan akan terpengaruh dalam beberapa hari mendatang, padahal pada Sabtu siang, ketinggian air masih jauh di bawah pinggang.

Dalam sejarah Paris, banjir terburuk terjadi pada 1910, ketika Paris terendam selama dua bulan, bahkan tingginya mencapai leher.

(ina/JPC/sdf)



loading...

Feeds