Gerhana Bulan Total, Waspadai Banjir Rob dan Gelombang Tinggi

ilustrasi
pixabay

ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Besar BMKG Wilayah I Medan mengimbau kepada warga Medan dan Sumatera Utara (Sumut) mewaspadai dampak gerhana bulan total yang akan terjadi nanti malam.

Dampak yang terjadi akibat peritiwa alam itu berupa air laut pasang yang sampai ke daratan atau banjir rob.

“Masyarakat di pesisir pantai diimbau mewaspadai dan siaga terhadap peningkatan pasang air laut maksimum, yang mengakibatkan terjadinya banjir rob. Kondisi ini diperkirakan terjadi sampai 2 Februari mendatang,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Rabu (31/1/2018).

Dikatakannya, tak hanya banjir rob, dampak lainnya dari gerhana bulan tersebut gelombang tinggi air laut.

“Gravitasi biasanya dipengaruhi oleh edaran bulan terhadap bumi yang mempengaruhi air laut dan gelombangnya. Maka dari itu, selain banjir rob dampak alam yang terjadi akibat gerhana adalah gelombang air laut yang tinggi,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Syahnan, dihimbau juga kepada nelayan yang mencari ikan di laut berhati-hati. Sebab, ketinggian gelombang bisa mencapai 2 meter. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Status Keamanan Sumut Siaga II

Meski begitu, MP Nainggolan menegaskan dalam siaga dua ini, kendati para personil yang diturunkan untuk pengamanan tidak lagi secara maksimal