PSMS Vs Persebaya, 1.500 Polisi Masuk Stadion

Pertandingan  PSMS versus Persib.

Pertandingan PSMS versus Persib.

POJOKSUMUT.com, Polda Jateng melakukan pengamanan ketat pada pertandingan babak delapan besar Piala Presiden 2018 di Stadion Manahan, Solo. Setidaknya 1.500 petugas dikerahkan hanya untuk di dalam stadion.

Pengamanan superketat itu terutama akan diberlakukan dalam pertandingan Persebaya Surabaya melawan PSMS Medan sore nanti dan Arema FC melawan Sriwijaya FC besok.

”Kami sudah berkoordinasi dengan TNI, tidak hanya di luar atau sepanjang jalur yang dilalui suporter. Di dalam stadion juga kami amankan,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Jumat (2/2).

Di dalam stadion, terang Condro, personel gabungan tidak hanya akan berjaga di sentelban. Petugas juga akan menyebar di atas tribun, menyatu dengan suporter yang sedang mendukung klub kebanggaannya bertanding.

Harapannya, dengan adanya personel di tribun, niat untuk bertindak anarkistis selama pertandingan berlangsung bisa direduksi.

Petugas tidak dibekali senjata api agar bisa lebih menyatu dengan suporter. ”Kami juga siagakan unit K-9. Jadi, yang membawa barang-barang terlarang jangan harap lolos,” katanya.

Sementara itu, Kabagops Polresta Surakarta Kompol Arief Joko menjelaskan, akan ada dua kali pemeriksaan sebelum masuk stadion.

Pemeriksaan pertama dilakukan di gerbang masuk kawasan Stadion Manahan. Di sana nanti barang bawaan yang dibawa para suporter diperiksa.

”Hanya boleh bendera dan joran serta barang pribadi yang dibawa. Botol plastik kami sita, dipindah ke plastik biasa. Jangan sampai macam-macam. Kami akan tindak tegas,” ucapnya.

Untuk spanduk, suporter yang membawanya harus melakukan koordinasi lebih dulu. Spanduk hanya boleh dipasang di tribun selatan, utara, dan VIP. ”Spanduk yang berbau provokasi akan kami lepas,” sambung Arief.

Polisi juga akan memeriksa kondisi suporter. Artinya, jika ada suporter yang dalam keadaan mabuk ingin masuk, polisi akan melarangnya.

”Kalau tidak sadar itu rawan sekali berbuat kriminal. Jadi, kami tekankan, jangan mabuk-mabukan sebelum pertandingan dimulai,” tegasnya.

Perwira dengan melati satu di pundak tersebut menerangkan, ticket box akan dibuka pada pukul 13.00. Suporter bisa memanfaatkan delapan ticket box yang disediakan.

Setelah itu, pukul 13.30, pintu masuk ke dalam stadion akan dibuka. ”Di situ nanti pemeriksaan kedua, pemeriksaan karcis. Tapi, kami tetap periksa barang bawaannya lagi untuk jaga-jaga,” ucap Arief.

Pada pertandingan sore nanti, Bonek akan ditempatkan di tribun selatan dan timur. Jika masih tidak cukup, tribun utara akan diberikan untuk Bonek. Sedangkan suporter PSMS Medan akan ditempatkan di tribun VIP.

Seusai pertandingan, khususnya Bonek diwajibkan keluar dari pintu selatan. Nanti, untuk mereka yang tidak punya transportasi, sudah disediakan beberapa truk pengantar menuju perbatasan keluar Solo. ”Kami kawal. Tiap polres bakal menyediakan dan mengantar Bonek sampai ke Surabaya,” ujarnya.



loading...

Feeds