Kemenangan Liverpool Sirna Akibat Keputusan Kontroversial

 Harry Kane mengeksekusi tendangan penalti di laga vs Liverpool. (AFP)

Harry Kane mengeksekusi tendangan penalti di laga vs Liverpool. (AFP)

POJOKSUMUT.com, Posisi Tottenham Hotspur sebelum melakoni laga kontra Liverpool adalah berada di peringkat ke-5. Tertinggal dua poin dari Liverpool yang berada di peringkat 3 klasemen sementara Premier League 2017/2018.

Jadi, tak perlu heran jika skuat The Spurs membawa ambisi untuk meraih angka penuh di Stadion Anfield demi menggusur posisi Liverpool dari zona Liga Champions.

Sebagai tim yang beradadi peringkat 5, posisi Tottenham memang belum aman jika ingin mendapat tiket ke Liga Champions musim depan.

Namun, tak disangka, Harry Kane dan kawan-kawan justru harus menghadapi kenyataan tertinggal oleh gol cepat Mohamed Salah.

Laga baru berjalan 3 menit, sebuah pergerakan dari barisan penyerang Liverpool sukses memanfaatkan kelengahan dua bek tengah Tottenham.

Salah yang melihat ada celah di antara dua bek tengah ini melakukan pegerakan untuk kemudian menerima bola dengan baik.

Dengan sentuhan kaki kirinya, penyerang Timnas Mesir ini pun melakukan sontekan ke arah tiang jauh yang tak bisa dibendung kiper Hugo Lloris yang sudah terlanjur bergerak ke arah yang salah.

Meski bermain cukup terbuka, kedua kubu ternyata tak banyak melakukan upaya tembakan sepangjang babak pertama.

Liverpool hanya melakukan 6 tembakan dan 2 yang terarah. Sementara Tottenham juga tak hjauh berbeda. Termasuk tendangan mengarah ke gawang yang hanya sekali saja.

Di babak kedua, para penggawa Tottenham kian bernafsu untuk bisa menyamakan kedudukan. Mengandalkan kecepatan para pemain sayap mereka, The Spurs berusaha menekan pertahanan The Reds agar makin goyah dan kehilangan konsentrasi.

The Spurs akhirnya mendapat peluang apik saat Hyeung-Min lolos dari jebakan offside. Pemain Korea Selatan ini sudah langsung berhadapan denngan kiper Karius.

Beruntung tendangan kaki kirinya masih mengenai paha Karius yang maju untuk memperkecil ruang tembak Hyeung-Min.

Para pemain Tottenham belum menyerah. Bahkan cenderung melakukan berbagai upaya demi bisa mencetak gol balasan. Alhasil Dele Alli pun mendapat kartu kuning dari wasit pada menit 68 akibat melakukan diving di kotak penalti The Reds.

Upaya pasukan London Utara itu akhirnya membuahkan hasil pada menit 80. Pemain pengganti Wanyama sukses memanfaatkan bola rebound dengan melakukan tendangan melengkung ke gawang Liverpool. Tottenham pun akhirnya mampu menyamakan kedudukan setelah berkali-kali melakukan upaya.

The Spurs nyaris mencetak gol kedua mereka ke gawang Liverpool beberapa menit kemudian. Harry Kane yang lolos dari kawalan pertahanan Liverpool terjatuh di kotak terlarang.

Sempat berdiskusi dengan asisten wasit karena posisi Kane yang dianggap sudah offside, wasit tetap pada putusannya untuk memberikan penalti bagi Tottenham.

Di sinilah penampilan apik Karius kembali terlihat. Dia mampu mementahkan tendangan keras Kane. Hasil tetap imbang 1-1.

Masa injury time menjadi waktu yang sangat dramatis. Dimulai dengan aksi menawan Salah saat melewati adangan tiga pemain The Spurs sebelum mengakhirinya dengan sebuah tendangan dari sudut sempit. Liverpool 2, Tottenham 1.

Di sisa waktu sekitar 1 menit, sebuah situasi yang kurang sedap terjadi di kotak penalti Liverpool. Van Dijk dianggap melakukan pelanggaran terhadap Erik Lamela.

Saat itu wasit Jonathan Moss sebenarnya sudah menunjukkan gestur bahwa pertandingan terus berjalan. Namun, asisten wasit berkata lain. Penalti kedua bagi Liverpool pun terjadi dalam pertandingan versus Tottenham ini.

Kali ini, Kane yang menjadi algojo mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. Liverpool pun hanya bisa pasrah ketika kemenangan di depan mata musnah oleh putusan kontroversial wasit dan asistennya.

Liverpool 2-2 Tottenham Hotspur
(Salah 3′, 90+1′ – Wanyama 80′, Kane 90+5′ – pen)

SUSUNAN PEMAIN



loading...

Feeds