Inilah Pelatih Baru Timnas Italia

 Luigi Di Biagio (kanan) ditugaskan untuk paruh waktu menangani Gli Azzuurri, yaitu saat laga persahabatan melawan Argentina dan Inggris pada Maret mendatang. (AFP)

Luigi Di Biagio (kanan) ditugaskan untuk paruh waktu menangani Gli Azzuurri, yaitu saat laga persahabatan melawan Argentina dan Inggris pada Maret mendatang. (AFP)

POJOKSUMUT.com, Teka-teki mengenai siapa pelatih Timnas Italia sepeninggal Gian Piero Ventura perlahan mulai terjawab. Asosiasi Sepak Bola Italia, PSSI, mengonfirmai bahwa Luigi Di Biagio, akan menukangi Gli Azzurri.

Namun, pelatih yang saat ini masih menangani Timnas U-21 Italia itu belum mendapat mandat tetap. Dia masih ditugaskan untuk paruh waktu menangani Gli Azzuurri, yaitu saat laga persahabatan melawan Argentina dan Inggris pada Maret mendatang.

Kabar ini sejatinya tidak mengejutkan. Pasalnya, pekan lalu wakil komisioner FIGC, Alessandro Costacurta, sudah pernah mengatakan bahwa Di Biagio akan menjadi karteker alias pelatih sementara.

“Menyusul adanya pertemuan yang diadakan pada hari ini di kantor pusat FIGC di Roma, di hadapan Komisaris Luar Biasa Roberto Fabbricini dan wakilnya, Alessandro Costacurta, diputuskan bahwa Luigi Di Biagio akan menjadi pelatih untuk dua pertandingan internasional pada bulan Maret yang dijadwalkan melawan Argentina pada tanggal 23 di Manchester dan melawan Inggris pada tanggal 27 di London,” pernyataan FIGC, Senin (5/2/2018).

Sekadar informasi, selama karirnya sebagai pesepak bola, pria 46 tahun ini bermain hampir sebanyak 500 pertandingan. Jumlah tersebut dilakoni bersama sejumlah klub mulai dari Lazio, Monza, Foggia, AS Roma, Inter Milan, Brescia, dan Ascoli.

Di Biagio pun pernah tampil 32 laga bersama timnas Italia dengan kontribusi dua gol. Selama berkostum Gli Azzurri, Di Biagio pernah tampil dalam Piala Dunia 1998 dan 2002 serta Piala Eropa 2000.

Dia memutuskan pensiun pada akhir musim 2007. Karirnya sebagai pelatih dimulai pada 2008 saat ditunjuk menjadi pelatih timnas U-20 Italia pada 2011, dan menangani timnas U-21 dua tahun kemudian. Di Biagio membawa tim tersebut tampil dalam dua Kejuaraan Eropa.

Timnas Italia hingga saat ini belum memiliki pelatih tetap setelah Ventura lengser padad 15 November tahun lalu. Saat itu, Ventura melepas jabatan karena gagal membawa Gli Azzurri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

(ira/JPC/sdf)



loading...

Feeds