Mengenal Advent Bangun, Sukses di Film Laga dan Karate Hingga Menjadi Pendeta

Advent Bangun
foto : net

Advent Bangun foto : net

POJOKSUMUT.com, MENINGGALNYA aktor laga Advent Bangun Sabtu (10/2/2018) sejatinya tidak hanya menjadi membuat sedih insan perfilman tanah air. Melainkan juga dunia olahraga karate.

Aktor yang jaya bersamaan dengan aktor Barry Prima, George Rudy, Johan Saimima dan Ratno Timoer era 1980-an ni terlahir dengan Thomas Advent Perangin-angin Bangun di Kabanjahe, Sumatera Utara, 12 Oktober 1952. .

Sejak muda, Advent dikenal sangat disiplin. Dilansir dari Wikipedia, ini tak terlepas dari didikan keras oleh Bapaknya, M.P. Bangun yang berprofesi sebagai seorang jaksa. Tidak hanya disiplin, bapaknya juga menanamkan kejujuran sejak dini.

Sebelum terjun di dunia film, Advent Bangun adalah seorang atlet karate nasional. Awalnya, ia bergabung dengan perguruan karate INKAI. Kerena merasa sulit untuk bersaing di tingkat nasional, karena saat itu perguruan INKAI tidak diakui oleh FORKI, maka Advent Bangun kemudian bergabung dengan perguruan karate INKADO.

Pada tahun 1971, Advent Bangun menjadi juara nasional karate dan selama 12 tahun berturut turut terus menjadi juara satu nasional tanpa ada yang mengalahkan sampai dia meninggalkan karier karatenya.

Setahun kemudian ia tampil di berbagai kejuaraan tingkat dunia hampir di seluruh asia, Amerika, dan Eropa. Dunia karate pula yang mengantarnya menjadi artis film laga. Tak kurang dari 60 judul film pernah ia perankan.

Advent Bangun pada masa jayanya.

Kesuksesan semula membiusnya. Dia kemudian terkena star syndrom pada masa kejayaannya. Beruntung, dia memiliki keluarga yang taat beribadah dan membimbingnya giat ke gereja. Istrinya, Lois Riani Amalia Sinulingga lah yang selalu bergumul dalam doa hingga pertobatan tumbuh di hati Advent Bangun.

Kemudian, pada masa akhirnya dia lebih banyak menghabiskan waktu menjadi seorang pendeta dengan nama barunya Pendeta Muda Thomas Bangun. Sebagai pendeta muda, ia juga mempunyai karunia khusus dalam pelepasan dan penyembuhan.

Film pertamanya adalah “Rajawali Sakti” pada tahun 1976, kemudian menjadi pemeran utama bersama aktris Enny Beatrice dalam film “Satria Bambu Kuning” 1985, “Anita” 1984, dan “Dendam Jagoan” 1986. Film-filmnya sering disutradarai oleh Atok Suharto, Ratno Timoer, dan Sisworo Gautama yang sangat populer pada waktu itu. Kemudian puluhan film dibintanginya.

Hingga, hari ini, Sabtu (10/2/2018), dia harus meninggalkan semuanya. Advent Bangun meninggal dalam usia 65 tahun. Sejak bulan lalu, beliau menderita gagal ginjal dan dirawat di Rumah Sakit (RS) Fatmawati, Jakarta Selatan. Selamat jalan Bang! (bbs/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds