Ingat! Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka 21 Februari

SNMPTN

SNMPTN

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 masih terus berjalan. Setelah pengisian dan verifikasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), kini akan memasuki masa pendaftaran.

“Waktu pendaftaran akan mulai dibuka pada 21 Februari mendatang sampai 6 Maret,” ujar Ketua Panitia SNMPTN Unimed, Prof Dr Abdul Hamid K, Rabu (14/2/2018).

Ia mengingatkan, kepada para siswa-siswi SMA sederajat khususnya di Medan yang akan melanjutkan studi ke PTN selalu menggunakan kesempatan mendaftar pada masa awal.

Sebab, kebiasaan yang sudah-sudah sebelumnya selalu diakhir dan seringkali terjadi gangguan lantaran daya tampung yang sudah melebihi.

“Para siswa jangan menunggu-nunggu waktu lagi untuk melakukan pendaftaran,” ucapnya.

Dia menyebutkan, dalam proses pendaftaran nanti hendaknya memperhatikan dengan cermat ketentuan yang telah ditetapkan. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesalahan dalam melakukan pendaftaran.

“Siswa-siswi yang bisa melakukan pendaftaran adalah peserta didik yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id. Dalam proses pendaftaran, siswa mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi serta mengupload pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan jika ada. Bagi pendaftar pada prodi seni dan keolahragaan wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan, yang telah disahkan oleh kepala sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari website SNMPTN,” ungkapnya.

Setelah mengisi biodata, sambungnya, pendaftar mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2018 sebagai bukti. Bagi sekolah atau pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di Plasa Telkom di seluruh Indonesia.

“Pengumuman hasil seleksi (SNMPTN) akan diumumkan 17 April. Bagi peserta yang dinyatakan lulus selanjutnya melakukan pendaftaran ulang di PTN masing-masing pada 8 Mei, bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds