Resmi! JR Saragih Gugat KPU Sumut ke Bawaslu

JR Saragih 
Foto : ist/pojoksumut

JR Saragih Foto : ist/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Jopinus Ramli (JR) Saragih resmi mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara, terkait keputusan KPU Sumut yang menggagalkannya menjadi calon gubernur di Pilgubsu 2018.

Gugatan tersebut disampaikan JR Saragih melalui salah seorang tim kuasa hukumnya, Jony Silitonga.

Menurut Jony Silitonga mereka sangat yakin JR Saragih tidak memiliki persoalan terkait dokumen pendidikan yang dilampirkan dalam berkas pendaftaran sebagai calon gubernur.

“Menurut kita, kita memenuhi syarat karena ketika pendaftaran kita telah menyerahkan ijazah STTB SD, SMP dan SMA. Kemudian ijazah S1, S2 dan S3. Berdasarkan UU 10 tahun 2016 maka ijazah terakhir yang harus digunakan,” kata Jony di Kantor Bawaslu Sumut.

Ia menyebutkan keputusan KPU Sumut yang menyebutkan berkas pendidikan milik JR Saragih tidak memenuhi syarat akibat munculnya surat dari Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta, tidak sah mengingat dalam surat tersebut dinas pendidikan tidak membantah surat yang sebelumnya dikeluarkan oleh Kepala Dinas DKI Jakarta yang menyatakan tidak ada masalah dengan legalisir ijazah JR Saragih.

“Catatan kita ketika KPU menyatakan kita tidak memenuhi syarat karena surat sekretaris dinas, itu bertentangan. Surat kepala dinas tidak dibantah oleh surat sekretaris dinas. Apalagi ijazah dalam surat sekretaris itu diakui kebenarannya,” sebutnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan, mereka memiliki tiga hari untuk melakukan penelitian berkas pengaduan. Kemudian tiga hari berikutnya diberikan kesempatan kepada para penggugat untuk melengkapi berkas gugatan, kemudian masa penyelesaian sengketa selama 12 hari.

“Kita akan menyelesaikan hingga putusan selama 12 hari kalender,” tandasnya. (fir/pojoksumut)

 

 



loading...

Feeds