44 Calon TKI Ilegal Diamankan Bea Cukai di Perairan Utara Tanjung Siapi-Api

BERHAMBURAN : 44 calon TKI yang tertangkap di perairan Tanjung Siapi-Api berhamburan keluar setelah didata di kantor Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai.
Foto : Taufik/pojoksumut

BERHAMBURAN : 44 calon TKI yang tertangkap di perairan Tanjung Siapi-Api berhamburan keluar setelah didata di kantor Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai. Foto : Taufik/pojoksumut



POJOKSUMUT.com, PETUGAS Bea Cukai Tanjungbalai Karimun dengan kapalnya BC 10002 mengamankan satu kapal kayu tanpa nama di titik kordinat 03.01.10 U/100.06.57T di perairan Tanjung Siapi-api Labuhanbatu (Labura), Jumat, (16/2/2018).

 


Kapal yang berisi 4 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan 44 orang penumpang yang terdiri dari 12 orang wanita, 2 orang anak-anak di bawah umur dan 30 orang pria diduga calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).



Kapal kayu yang sedang berlayar dari perairan Tanjungbalai Asahan  menuju Negara jiran Malaysia dengan menggunakan perahu nelayan, dibawa oleh Tim Patroli Bea Cukai Teluk Nibung menuju Pelabuhan Teluk Nibung.

Informasi dihimpun seluruh calon TKI itu merupakan warga Tanjungbalai, Asahan, Padang, Aceh, hingga Semarang, Jawa Tengah. Selanjutnya Tim Bea Cukai Tanjungbalai Asahan berkoordinasi dengan Imigrasi Tanjungbalai akan menindaklanjuti hasil tangkapan tersebut.

Setelah didata ada sekitar 10 orang yang memiliki paspor ditahan  sementara oleh pihak Imigrasi setempat. Namun sebahagian calon TKI khususnya yang tidak memiliki paspor  diperbolehkan pulang ke kampung masing masing.

Diantara calon TKI ilegal yang diamankan itu, dua orang diantaranya anak-anak yang masih di bawah umur dengan usia diperkirakan 13 tahun yang telah memiliki paspor dengan tujuan ke negara jiran Malaysia akan  berjumpa dengan orang tuanya yang bekerja di sana.

Kapolres Kota Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi Artono melalui Kasat Reskrim Polres Tanjungbalai, AKP B. Siahaan saat di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai mengatakan bahwa seluruh calon TKI itu wewenangnya Bea Cukai dan telah diserahkan ke pihak Imigrasi Tanjungbalai. “Itu gawenya mereka. Sesuai keterangan mereka bahwa telah diserahkan ke Imigrasi,” ucapnya.

Hingga menjelang magrib, seluruh calon TKI itu keluar dari ruangan dan langsung berhamburan menuju angkutan umum pulang ke kampung masing masing.
Sementara itu, Humas Bea Cukai belum bisa dikonfirmasi terkait kejadian ini. (CR-1/pojoksumut)

 



loading...

Feeds