Terkait Abu Tours Medan, Ini Tanggapan Kemenag Sumut

Kantor Abu Tours di Medan yang sudah tutup sejak seminggu terakhir.
Foto : fir/pojoksumut

Kantor Abu Tours di Medan yang sudah tutup sejak seminggu terakhir. Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sumatera Utara (Sumut) menyarankan agar para korban dugaan penipuan perjalanan umrah oleh Abu Tours di Medan melakukan langkah persuasif.

Namun, jika ingin mengambil langkah hukum dipersilahkan dan tentu harus mengikuti semua proses hukum yang ada. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumut, Bahrum Saleh.

“Saya sudah berupaya menghubungi pimpinan Abu Tours, pak Anwar. Tapi, beberapa kali tidak diangkat. Sekarang nomornya sudah tidak aktif,” ungkap Bahrum, Selasa (20/2/2018).

Menyangkut dugaan penipuan uang perjalanan umrah, kata dia, bukanlah wewenang pihaknya.

“Tentu kami akan berkordinasi dengan Polda Sumut. Menyangkut penutupan travel itu, kami menunggu langkah pusat (Kementerian Agama). Jika ada arahan ditutup, maka seluruh Indonesia travel itu akan ditutup,” cetusnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya memang memberi izin travel tersebut. Namun, izin yang dikeluarkan setelah melalui proses atau tahapan.

“Masalah travel itu sebenarnya adalah cabang dari Makasar. Kemudian, kami meninjau cabang yang di Medan. Setelah meninjau kantor cabang di Jalan Abdullah Lubis Medan, kami menyatakan travel itu memiliki dokumen yang lengkap berupa akte notaris. Kemudian, ada fotokopi izin dari Dirjen Kementerian Agama,” sebutnya sembari mengatakan, karena dokumennya ada tentu diterbitkanlah konsorsium.

“Memang izinnya dari kami,” ucap Bahrum. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds