Sihar Ingin Bangun Stadion Berkelas di Deliserdang

Sihar Sitorus saat nobar PSMS di warung

Sihar Sitorus saat nobar PSMS di warung

POJOKSUMUT.com, MEDAN – Tidak adanya fasilitas stadion yang memadai di Sumatera Utara membuat mantan Exco PSSI yang juga penggila olahraga sepakbola, Sihar Sitorus, jadi terenyuh.

Dia menyebut, sudah saatnya Sumut memiliki fasilitas kompleks olahraga yang mumpuni.

Setelah PSMS Medan kembali promosi ke Liga 1 dan Stadion Teladan saat diverifikasi operator kompetisi ternyata dianggap tak layak, Sihar langsung menyiapkan gerakan membangun fasilitas yang bertaraf internasional.

Sebagai mantan pengurus PSSI, dia juga melihat sejauh ini klub-klub profesional di Indonesia masih bermasalah dalam hal infrastruktur stadion.

Padahal, persoalan infrastruktur tersebut masuk dalam lima kategori utama sebuah klub bisa mendapatkan lisensi pro dari AFC.

“Ini sebenarnya rencana saya sejak lama. Nantinya, sama seperti Stadion Utama Gelora Bung Karno di mana bisa menjadi kompleks olahraga. Jadi, di kawasan stadion ada sarana untuk olahraga lainnya,” katanya, saat ditemui, Sabtu (19/2) malam.

Dengan adanya kompleks olahraga yang memadai dan dengan infrastruktur level satu, maka klub-klub sepak bola di Sumut yang membutuhkan Stadion sesuai standar FIFA ataupun AFC, bisa memanfaatkan stadion tersebut.

“Kami melihat juga dari regulasi, karena stadion itu enggak boleh lebih dari dua jam perjalanan antara bandara menuju ke stadion. Berarti perencanaannya ya antara Kualanamu dan Medan. Kemungkinan di Deli Serdang,” paparnya.

Untuk membangun sebuah kompleks olahraga, lanjut dia, lahan yang dibutuhkan cukup luas karena bisa mencapai 50 hektare.

Kalau di Kota Medan, Sihar menganggap sudah sulit mencari lahan luas, apalagi letaknya ke bandara dari Kota Medan cukup jauh.

“Kami ingin kompleks tersebut bukan hanya untuk olahraga, tapi juga bisa untuk tempat sosialisasi, bisa meghasilkan pemasukan untuk kas daerah, sehingga perawatannya bisa diambilkan dari anggaran yang dikelola dari fasilitas-fasilitas yang ada di kompleks itu,” tandas mantan CEO PSMS tersebut.
(dkk/jpnn/sdf)



loading...

Feeds