USU Ingin Diakui Dunia Internasional

Kampus USU

Kampus USU

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) ingin diakui dunia internasional. Untuk itu, universitas plat merah ini berkeinginan menembus rangking perguruan tinggi dunia.

Rektor USU Prof  Runtung Sitepu mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan dalam menuju universitas kelas dunia (world class university). Salah satunya, dengan menggelar workshop dan seminar untuk menguatkan mendapat pengakuan internasional dalam skema pemeringkatan QS Rangking.

“Di dalam rencana straregis jangka panjang pada 2015-2019, kami diminta untuk merealisasikan salah satunya mendapatkan akreditasi unggul dan meraih pengakuan internasional. Kegiatan workshop dan seminar yang dibuat dengan bekerja sama IKA FT USU Jabodetabek adalah dalam rangka merintis pengakuan internasional tersebut,” kata rektor saat membuka acara itu di kampus tersebut, Kamis (22/2/2018).

Menurutnya, rintisan menuju pengakuan internasional itu sebenarnya sudah dirintis awal 2017 dengan mengikuti QS Rating. Saat itu, USU telah ditetapkan meraih bintang tiga.

“Saat ini tim terus melakukan pendokumentasian seluruh aktivitas kegiatan akademik dalam rangka memasuki QS Ranking,” katanya.

Diutarakan rektor, untuk lebih efektif mempersiapkan diri menghadapi QS Ranking maka diperlukan workshop dan seminar kerja sama. Tujuannya adalah untuk memberikan pembekalan kepada seluruh sivitas akademika USU, termasuk pimpinan universitas dan fakultas agar mereka mengetahui apa-apa saya yang perlu dikerjakan untuk mempercepat USU meraih pengakuan internasional.

“QS Ranking merupakan sistem penilaian yang dilakukan oleh lembaga yang diakui internasional. Lembaga tersebut akan melakukan penilaian dengan melakukan visitasi ke universitas yang akan dinilai. Sebelum kedatangan tim visitasi, tentunya USU harus mempersiapkan diri,” sebutnya.

Ia berharap, USU sudah masuk ke dalam QS Ranking pada 2018 dan mendapatkan peringkat yang memuaskan.

“Kemenristekdikti sendiri berharap universitas di Indonesia mampu meraih QS Ranking. Kita berharap, USU masuk ke dalam 500 besar dunia,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds