Dolok Sanggul dan Samosir Diguncang Gempa 4,4 SR

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Dua wilayah di Sumatera Utara diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,4 skala ritcher (SR), Sabtu (24/2/2018) pagi sekira pukul 08.17 WIB. Kedua wilayah tersebut yaitu Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas) dan Samosir (Kabupaten Samosir).

“Gempa berkekuatan 4,4 skala richter dengan ‎posisi episenter pada koordinat 2.34 LU dan 98.76 BT, tepatnya di darat pada jarak 10 km arah Timur laut Dolok Sanggul (32 km arah barat daya Samosir) pada kedalaman 16 km,” ungkap Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan‎ Edison Kurniawan.

Disebutkannya, gempa bumi yang dirasakan dua wilayah tersebut dengan intensitas I SIG-BMKG atau I-II MMI (‎Modified Mercalli Intensity). Artinya, gempa dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.‎

“Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini berada di Zona Sesar Sumatera, pada segmen patahan Renun,” sebut Edison.

 

 

Menurut dia, karakteristik sinyal gempa bumi ini menunjukkan gempa bumi tektonik. Dari kedalaman hiposenternya gempa bumi ini merupakan jenis dangkal pada lapisan kerak bumi.

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Dolok Sanggul Kabupaten Humbahas maupun Kabupaten Samosir dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungj awab,” ucapnya.

Ia menambahkan, masyarakat diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah Daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi dari BMKG. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds