Dua Hari ke Depan, Wilayah Sumut Diprediksi Diguyur Hujan

Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi pixabay

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan memprediksi sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga deras selama dua hari ke depan, Sabtu dan Minggu (24-25/2/2018).

Berdasarakan keterangan Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan yang diperoleh Sabtu (24/2/2018) siang, wilayah Sumut yang berpotensi dilanda hujan di antaranya Medan, Deli Serdang, Humbahas, Samosir dan Karo.

Beberapa wilayah di Sumut tersebut berpotensi hujan sedang hingga lebat, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hari.

Bahkan, perkiraan cuaca ini dapat meluas ke sejumlah daerah lainnya yakni Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Asahan, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Langkat, Binjai, Dairi, Pakpak Barat, Labuhan Batu Utara dan sekitarnya.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, kondisi ini disebabkan adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Barat Daya Selat Sunda dan di Samudra Utara Pasifik Papua.‎

“Konvergensi terbentuk dari pesisir Barat Sumatera, Kepulauan Nias, Kepulauan Mentawai, Pesisir Timur, Lampung, Laut Jawa, hingga Laut Banda dan Laut Arafura,” ujarnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca ini. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds