Gatot Nurmantyo Paling Pantas Dampingi Jokowi

Jenderal Gatot

Jenderal Gatot

POJOKSUMUT.com, Alvara Research Center merilis hasil survei mengenai sosok yang pantas menjadi pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Berdasar survei yang dilakukan di seluruh provinsi pada 17 Januari-7 Februari itu, ada tiga kandidat yang layak mendampingi Jokowi, sapaan karib Joko Widodo.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi kembali ditunjuk PDI Perjuangan sebagai calon presiden di pilpres 2019. Penunjukan tersebut dilakukan saat Rakernas PDI Perjuangan di Bali.

Founder dan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali mengatakan calon wakil presiden Jokowi merupakan representasi tokoh muda, muslim, dan militer.

Ketiganya adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mewakili generasi muda, Muhaimin Iskandar (muslim), dan Gatot Nurmantyo (militer).

“Walaupun AHY juga dari militer, tapi pamornya kalah kuat dibanding Gatot. Di kalangan muslim, Gatot juga kuat tapi kalah dengan Muhaimin,” katanya di Jakarta, Jumat (23/2).

Dari tiga tokoh itu, Gatot mendapat suara tertinggi sebanyak 61,9 persen. Cak Imin, sapaan karib Muhaimin, berada di posisi kedua dengan 59,6 persen. Sementara itu, AHY hanya berada di urutan ketiga dengan perolehan 55,5 persen.

Di sisi lain, tiga tokoh juga paling disukai masyarakat untuk menjadi pendamping Prabowo Subianto. Mereka adalah Anies Baswedan yang mendapat suara 60 persen, Cak Imin (59,4 persen), dan AHY (56,3 persen).

“Hasil simulasi dengan tiga pasangan kandidat capres cawapres menunjukkan Jokowi selalu unggul, baik saat berpasangan dengan Muhaimin, AHY, dan Gatot. Sedangkan lawan potensial Jokowi adalah Prabowo dengan cawapresnya Anies,” jelasnya.

Survei itu menggunakan metode multi stage random sampling. Margin of error sebesar dua persen.

(srs/JPC/sdf)



loading...

Feeds