Calon Jamaah Umrah Abu Tours Diminta Biaya Tambahan? Awas Diselewengkan…

Calon jamaah umrah korban Abu Tours Travel mendatangi kantor Cabang Medan, beberapa waktu lalu.
Foto : fir/pojoksumut

Calon jamaah umrah korban Abu Tours Travel mendatangi kantor Cabang Medan, beberapa waktu lalu. Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, SEKRETARIS Jenderal Kemenag RI, Prof Nur Syam, sangat menyesalkan kasus Abu Tours. Pihaknya meminta aparat penegak hukum melakukan tindakan apabila dalam penyelidikan memang ditemukan penyalahgunaan dana yang disetorkan para jemaah.

Ia mencontohkan First Travel yang kasusnya sudah memasuki ranah hukum. Kemenag berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi. “Kami sangat menyesalkan. Niat jemaah beribadah umrah dinodai pelaku usaha di bidang penyedia jasa keberangkatan,” ujarnya usai meresmikan ruang Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Wilayah Kemenag Sumsel, kemarin (1/3/2018).

Kemenag telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi para jemaah dari Perusahaan Penyedia Jasa Ibadah Umroh (PPIU) “nakal”. Sudah ada 15 PPIU yang perizinannya telah dibekukan.

“Dalam setahun terakhir, kami dapat laporan dari masyarakat, ke-15 PPIU ini telah melakukan berbagai pelanggaran. Kami lakukan verifikasi di lapangan dan faktanya terbukti,” tambah dia.

Kata Nur Syam, Kemenag telah membuat aplikasi SIPATUH (Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umroh dan Haji). Pengawasan terhadap PPIU bakal lebih mudah. Baik dari sisi jumlah jemaah, biaya maupun tahapan proses keberangkatannya. “Dengan begitu ada transparansi dan akuntabilitas dari PPIU yang serius menjalankan usahanya,” terangnya.

Telah pula ditetapkan, tarif minimal umrah sebesar Rp20 juta. Nah, nantinya perusahaan yang menerapkan tarif dibawah batas tersebut akan diselidiki sumber pendanaannya. “Apabila ada indikasi keberangkatannya tidak melalui proses yang benar, maka akan langsung ditindak,” tegasnya.

Terkait upaya manajemen Abu Tours yang meminta tambahan biaya kepada jamaah, Nur Syam memastikan kalau Kemenag mengawasi itu. “Kita tidak mau dana itu malah disalahgunakan kembali,” pungkasnya. (kos/ce1/JPG)



loading...

Feeds

27 Juni Bakal Jadi Libur Nasional

Menkopolhukam Wiranto menuturkan usulan menjadikan 27 Juni sebagai hari libur nasional datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)