Curhat Pebulutangkis India Keturunan Tionghoa Ini Mengharukan…

 Jwala Gutta (bwfbadminton.com)

Jwala Gutta (bwfbadminton.com)

POJOKSUMUT.com, Mantan pebulu tangkis putri India Jwala Gutta baru-baru ini mengalami perlakuan rasialis yang sangat tidak menyenangkan dari netizen di negaranya.

Oleh beberapa netizen India, Jwala yang dulu merupakan pemain andalan di sektor ganda putri dan ganda campuran ini dihina sebagai orang anti-nasionalis hanya karena berdarah Tiongkok.

Untuk diketahui, Jwala yang resmi pensiun dari dunia bulu tangkis pada tahun 2017 kemarin merupakan atlet India berdarah Tiongkok yang mengalir dari ibunya.

Jwala lalu menjawab cibiran netizen lewat sebuah acara reality show India yang berjudul MTV Troll Police.

Di acara tersebut, Jwala mengungkapkan bahwa perlakuan rasialis rupanya sudah kerap kali ia terima sejak masih menepok bulu angsa di lapangan beberapa tahun silam.

“Saya berlatih bulu tangkis mati-matian agar bisa mengharumkan negara saya. Saat meraih gelar juara, orang-orang memuji saya.”

“Tapi giliran saya kalah, mereka langsung bilang kalau hal itu disebabkan karena saya punya darah Tiongkok.”

“Saya dicap anti-nasionalis. Memangnya kenapa kalau ibu saya orang Tiongkok?” ujar Jwala seperti dilansir skjbollywoodnews.com.

Jwala juga menegaskan bahwa walaupun berdarah Tiongkok, ia tetaplah orang India sejati yang tidak ingin dikotak-kotakkan dengan perbedaan suku dan ras.

“Saya dan keluarga saya semua adalah warga India. Tolong berhenti menyebar kebencian dengan cara seperti ini,” ujar pebulu tangkis kidal itu kesal.

Jwala merupakan salah satu atlet putri India yang dianggap sangat berpengaruh sebelum dua juniornya, Saina Nehwal dan Pusarla Venkata Sindhu, tersohor dewasa ini.

Oleh pemerintah India, Jwala diberi gelar Arjuna yang notabene merupakan gelar kedua tertinggi untuk atlet di sana.

(kar/JPC/sdf)



loading...

Feeds

27 Juni Bakal Jadi Libur Nasional

Menkopolhukam Wiranto menuturkan usulan menjadikan 27 Juni sebagai hari libur nasional datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)