Sembilan Tahun Terbengkalai, Jembatan Sei Silau Diuji Kelayakan


Jembatan Sei Silau, Jalan lingkar Utara yang sudah terbengkalai selama 9 Tahun yang dilakukan uji kelayakan.
Foto  : Taufik/Pojoksumut

Jembatan Sei Silau, Jalan lingkar Utara yang sudah terbengkalai selama 9 Tahun yang dilakukan uji kelayakan. Foto : Taufik/Pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pemko Tanjungbalai berencana akan melanjutkan pembangunan jembatan di Jalan lingkar Utara yaitu Jembatan Sei Silau, yang berada di Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai.
Ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Tanjungbalai, karena jembatan tersebut penghubung kegiatan ekonomi dari Kota Tanjungbalai ke Pelabuhan.

Berdasarkan informasi yang beredar dari masyarakat kontruksi pada bangunan jembatan yang sudah ada selama ini dinilai tidak tepat dan perlu dilakukan tes uji kelayakan.

Tim ahli yang ditunjuk oleh Pemko Tanjungbalai didatangkan dari Unimed, Kota Medan sudah melakukan tes uji kelayakan tersebut selama dua minggu dan kini memasuki minggu ke tiga.

Dedi Mulyana sebagai Konsultan Pengkajian membenarkan tentang rencana pembangunan jembatan tersebut, sehingga dilakukan uji kelayakan.

“Kembali dilakukan cek pondasi dengan cara GPR (Gio Penematik Radar), jadi dengan GPR bisa bisa diuji berapa kedalaman tiang pancang dan berapa jumlah tiang pancang yang dipasang atau yang sudah ditanam, dengan alat yang dikontrak dari ITB dan tim pekerja untuk pengkajian,” kata Dedi, Sabtu (3/3/2018).

“Selain untuk merancang kembali pondasi dilakukan Boring tes oil (sayo tes) atau bahasa awamnya sondir, untuk mengukur dimana kedalaman tanah keras untuk mendukung sebuah jembatan karena kami tidak memakai data lama,” bebernya.

Tim uji kelayakan dari ITB dan Unimed sedang melakukan uji kelayakan.
Foto : Taufik/Pojoksumut

Nantinya, kata Dedi setelah hasil didapat pihaknya akan menyerahkan laporan Pemko Medan termasuk PUPR Kota Tanjungbalai.

Dedi juga berharap dan memberi usulan agar pelaksanaan pembangunan jembatan itu nantinya dipercayakan kepada BUMN dan tidak memakai kontraktor lokal.

“Agar hasil bangunan jembatan ini nantinya berkualitas bagus. Hendaknya Pemko Tanjungbalai mempercayakan kepada BUMN dalam pemenang tender,” pungkasnya. (CR-1/pojoksumut)



loading...

Feeds

27 Juni Bakal Jadi Libur Nasional

Menkopolhukam Wiranto menuturkan usulan menjadikan 27 Juni sebagai hari libur nasional datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU)