Maaf Ya, Tak Ada Lagi Marquee Player di Liga 1 Musim Ini

Michael Essien marquee player paling terkenal musim lalu

Michael Essien marquee player paling terkenal musim lalu

POJOKSUMUT.com, Regulasi Liga 1 2018 belum diumumkan secara keseluruhan oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) meskipun sudah ada jadwal kick-off pada 23 Maret mendatang.

Rencananya, seluruh manual liga dan jadwal resmi, baru diumumkan usai manager meeting pada 15 Maret mendatang.

Namun demikian, COO PT LIB Tigorshalom Boboy menegaskan, bahwa setiap klub hanya boleh mendaftarkan 30 pemain. Dengan aturan, dari sejumlah pemain tersebut ada tujuh nama pemain U-23.

“U-23 wajib didaftarkan tapi tidak wajib dimainkan,” katanya, saat ditemui usai rapat umum pemegang saham (RUPS) PT LIB di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3).

Sementara itu, untuk pemain asing sejauh ini, Tigor memastikan soal marquee player tidak akan diterapkan lagi pada musim 2018.

Karena itu, kuota pemain asing yang disiapkan adalah 3+1. Artinya, ada tiga pemain asing non Asia dan satu pemain asing asal Asia yang harus dimiliki oleh setiap klub.

“Tidak ada marquee player lagi untuk memberikan keadilan bagi seluruh klub. Tidak menguntungkan klub yang memiliki banyak uang,” terangnya.

Merujuk pada musim lalu, regulasi pemain asing adalah 2+1 tapi boleh menambah pemain asing apabila statusnya sebagai marquee player, yakni pemain asal Liga kelas 1 di Eropa atau pemain Timnas yang pernah tampil di Piala Dunia dari edisi 2004 sampai 2014 lalu.
(dkk/jpnn/sdf)



loading...

Feeds