50 Hektar Lahan Gambut dan Sawit di Madina Terbakar

Kondisi lahan gambut dan sawit yang dilalap api Madina.
Foto : istimewa

Kondisi lahan gambut dan sawit yang dilalap api Madina. Foto : istimewa

POJOKSUMUT.com, MADINA-Puluhan hektar lahan gambut dan kebut sawit di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut) terbakar.

Petugas gabungan dari pemadam kebakaran, BPBD, Satpol Pol, Polri, TNI, aparatur setempat dan warga berupaya memadamkan api. Namun, petugas kesulitan karena akses mendapatkan air yang sulit dan kencangnya angin sehingga api semakin meluas.

Informasi diperoleh Senin (19/3/2018), sekira 50 hektar lahan yang terbakar tersebut berada di Desa Sinunukan Enam Kecamatan Batahan. Dikabarkan, terbakarnya lahan itu sudah terjadi sejak tiga hari yang lalu.

Supangat, salah satu pemilik lahan/kebun mengatakan, hingga saat ini belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut terjadi.

“Ya gimanalah, gak sanggup kita. Dua jam saja sudah puluhan hektar, kalau masyarakat saja ya tidak mampu. Lahan di desa ini yang terbakar sekitar 50 hektar, kabarmya sudah tiga hari,” ujarnya.

 

Kondisi kebakaran lahan gambut dan sawit di Madina.
Foto : ist

Sementara, Camat Batahan, Irsal Pariadi menuturkan berdasarkan informasi sejauh ini dari petugas bahwa lahan yang terbakar sudah mendekati pemukiman warga. Dikhawatirkan, api semakin meluas karena cuaca kemarau.

“Petugas gabungan hanya bisa memadamkan api sekitar pinggiran lahan. Kita belum tau apakah ini dibakar atau tidak, pastinya pemerintah sudah menetapkan tidak boleh membakar,” ujarnya.

Hingga kini petugas terus berupaya memadamkan api yang diduga masih membakar lahan itu. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Zero Waste City Wujudkan Keadilan Ekologis

Nur Hidayati Direktur Esekutif Nasional Walhi menyatakan Peringatan Hari Bumi harusnya dapat menjadi momentum memperluas gerakan penyelamatan lingkungan hidup di …