Ingat! Istri Harus Curiga Bila Suami Bawa Banyak Uang ke Rumah

Uang

Uang

 

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Pencegahan munculnya generasi koruptor di masa datang, pendidikan karakter terutama kejujuran harus dimulai sejak usia dini.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korups (KPK) Basaria Panjaitan.

“Ibu-ibu punya peranan penting mencegah korupsi. Dimulai dari hal kecil hingga besar,” katanya dalam seminar nasional bertajuk Peran Perempuan dalam Mencegah Tindakan Korupsi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin (19/3/2018).

Dia menyebutkan, perempuan adalah agen pencegah korupsi yang luar biasa.

Ketika mengetahui gaji suami sekian tapi suatu ketika membawa uang banyak, istri harus curiga. Istri harus menanyakan sumber uang tersebut.

“Ingat, istri harus curiga bila suami bawa banyak uang ke rumah. Jangan malah senyum-senyum,” tegasnya.

Basaria melanjutkan, peran perempuan untuk menciptakan generasi yang antikorupsi sangat besar. Sayangnya, hanya 4 persen ibu yang mengajarkan anak-anaknya tentang kejujuran.

“Pembentukan nilai-nilai kejujuran harus dimulai sejak dini. Ini agar Indonesia bisa lepas dari korupsi. Ajarkan anak hidup sederhana dan selalu jujur,” tuturnya.

Sementara Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, angka 4 persen tersebut karena pendidikan anak usia dini (PAUD) baru dimaksimalkan beberapa tahun ini.

Kemendikbud, akan memasukkan nilai-nilai kejujuran dalam kurikulum pendidikan PAUD sebagai bagian dari pendidikan karakter.

“Pencegahan KKN di lingkungan pendidikan sudah kami galakkan di Kemendikbud bersama KPK. Untuk PAUD akan kami tindaklanjuti,” tandasnya. (esy/jpnn/nin)



loading...

Feeds