JR Saragih Dicopot dari Jabatan Ketua DPD Demokrat Sumut, Ini Pengganti

Herri Zulkarnain memberikan keterangan pers,  Rabu (21/3/2018).
Foto : fir/pojoksumut

Herri Zulkarnain memberikan keterangan pers, Rabu (21/3/2018). Foto : fir/pojoksumut


POJOKSUMUT.com, MEDAN-Jopinus Ramli (JR) Saragih bertubi-tubi diterpa persoalan. Setelah digagalkan menjadi Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) dan ditetapkan tersangka kasus penggunaan dokumen palsu, kini JR Saragih dicopot sementara dari jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumut.

Pencopotan JR Saragih dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat memberikan keterangan di Bandara Kuala Namu Internasional (KNIA), Rabu (21/3/2018).

Hinca mengatakan, saat ini DPP Partai Demokrat sudah mengeluarkan kebijakan untuk mengambil alih sementara kepemimpinan JR Saragih selaku Ketua DPD Demokrat Sumut. Hal ini agar roda organisasi tetap berjalan dengan baik dan di sisi lain JR Saragih juga fokus dalam menyelesaikan proses hukum.

“Dalam rangka memberi kesempatan seluas-luasnya kepada JR untuk menyesaikan proses hukumnya. Selain itu, memastikan roda organisasi berjalan maka mulai hari ini DPD Demokrat diambil alih Heri Zulknarnain. Selanjutnya, mengembalikan kepada JR setelah masalah hukum selesai,” ungkapnya.

Pun begitu, Hinca memastikan Partai Demokrat akan sepenuhnya mengawal proses perjalanan kasus hukum yang sedang dijalani oleh JR Saragih.

“DPP Demokrat memback up penuh upaya hukum yang dilakukan JR Saragih yang hari ini memasuki masa putusan di PTTUN. Informasinya akan diputuskan pada 27 Maret,” tuturnya.

Hinca mengaku, mereka juga terus memantau perkembangan kasus yang berjalan di Sentra Gakkumdu Sumut, dimana JR Saragih menjadi tersangka dugaan penggunaan dokumen palsu.

“Kita juga memantau perkembangan di Sentra Gakkumdu,” ucapnya.

Hal yang sama diutarakan Sekretaris DPD Demokrat Sumut Meilizar Latief dalam keterangan pers di kantornya. Menurut Meilizar, keputusan ini dilakukan agar JR Saragih lebih fokus dalam menyelesaikan persoalan sengketa yang kini tengah berproses di PTTUN.

“Benar beliau digantikan sementara oleh kader Demokrat Herri Zulkarnain,” ujarnya.

Dijelaskan dia, proses hukum sedang dihadapi oleh JR Saragih sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal ini membuat partai memilih untuk mengalihkan sementara pekerjaan JR Saragih dalam memimpin Partai Demokrat Sumut kepada Herri Zulkarnain.

“Proses hukum ini kan sangat menyita perhatian. Jadi dengan pengangkatan plt (pelaksana tugas) ini kita berharap pekerjaan Pak JR di Partai Demokrat tidak terganggu. Kita ada agenda politik yang harus dipersiapkan karena ada Pileg 2019,” sebutnya.

Sementara, pengganti posisi sementara JR Saragih yakni Herri Zulkarnaen. Herri merupakan salah seorang fungsionaris DPP Partai Demokrat yang menjabat sebagai wakil sekretaris Bidang Pemberdayaan Masyarakat Pro Rakyat.

Ia tak menampik ditunjuk sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat Sumut. “Jadi sesuai AD/ART partai saya yang ditunjuk,” ucap Herri.

Ia menjelaskan, tujuan pengangkatan pelaksana tugas ini agar JR Saragih dapat fokus menghadapi permasalahan hukumnya. Demokrat juga katanya masih tetap memberikan dukungan secara luar biasa kepada Bupati Simalungun itu.

“Tugas kami sebagai Plt menjalankan mesin-mesin partai sebagaimana kita ketahui dalam waktu dekat ini kita menghadapi Pilkada, Pilpres dan harus Demokrat bisa memenangkan partainya di Sumut,” terang anggota DPRD Kota Medan ini.

Sejauh ini kata Herry, dirinya masih mendapatkan mandat secara lisan dari Ketua BPOKK Partai Demokrat Edy Pramono. Namun begitu, menurutnya mandat tertulis sudah ada di tangan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

“Besok kita jemput di Jabar karena kebetulan Ketum ada disana dalam rangka roadshow Partai Demokrat. Sekalian juga meminta instruksi dukungan dalam Pilgubsu ini,” kata Herri.

Ditambahkan dia, penunjukkan dirinya menjadi Plt Ketua DPD masih sementara. “Ini sementara saja, apabila kasus hukum Pak JR sudah selesai, bisa jadi jabatan Ketua Umum Partai Demokrat Sumut bisa kembali ke tangan beliau,” pungkasnya. (fir/pojoksumut)

 



loading...

Feeds