Gugatan JR Saragih Ditolak PTTUN Medan

Proses sidang putusan kasus JR Saragih di  Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), Selasa (27/3/2018).

Proses sidang putusan kasus JR Saragih di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), Selasa (27/3/2018).

Proses sidang putusan kasus JR Saragih di Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN), Selasa (27/3/2018).


POJOKSUMUT.com, MEDAN-Gugatan bakal Jopinus Ramli (JR) Saragih terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) terkait tidak menetapkannya sebagai calon gubernur Sumut, ditolak Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

Majelis hakim PTTUN Medan yang diketuai Bambang Edy Soetanto, sepakat dengan eksepsi yang diajukan KPU Sumut. Menurut majelis hakim, gugatan yang diajukan Ketua DPD Partai Demokrat Sumut yang dinonaktifkan ini masih prematur.

“Menerima eksepsi tergugat (KPU Sumut) dalam pokok perkara, menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima (ditolak),” kata Bambang Edy membacakan putusannya, Selasa (27/3/2018).

Sidang beragendakan putusam, ini dihadiri juga pasangan JR Saragih, Ance Selian yang didampingi oleh pengacaranya Ikhwaluddin Simatupang.

Sementara, pihak KPU Sumut dihadiri oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea dengan didampingi kuasa hukum Hadiningtiyas.

Kuasa Hukum KPU Sumut, Hadiningtiyas mengatakan, pihaknya memenangkan gugatan di PTTUN Medan atas gugatan JR Saragih setelah eksepsi mereka diterima oleh majelis hakim.

Dalam eksepsinya, KPU Sumut menyampaikan bahwa pengajuan gugatan JR Saragih ke PTTUN Medan masih sangat prematur mengingat beberapa tahapan terkait sengketa pemilu masih berlangsung di Bawaslu Sumut.

“Sesuai putusan Bawaslu, maka batas akhir pendaftaran gugatan adalah tanggal 16 Maret. Akan tetapi, mereka telah mendaftarkan gugatan pada 7 Maret. Artinya, pada masa itu masih ada proses administrasi yang sedang berlangsung di Bawaslu. Sehingga mereka belum mempunyai kepentingan untuk mengajukan gugatan,” ujar Hadiningtiyas usai mengikuti persidangan.

Ia mengatakan, setelah eksepsi mereka diterima maka otomatis gugatan JR Saragih ditolak. Pihaknya sendiri masih akan menyusun beberapa langkah jika putusan dari PTTUN Medan ini akan digugat kembali melalui upaya kasasi ke Mahkamah Agung.

“Kita akan pertajam lagi dalil-dalil hukumnya untuk mengajukan kontra memori kasasi,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds