Pendaftaran SBMPTN 2018 Telah Dibuka, Berakhir 27 April

Ilustrasi

Ilustrasi



POJOKSUMUT.com, MEDAN-Pendaftaran calon mahasiwa baru pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 telah dibuka sejak 5 April lalu. Pendaftaran tersebut berakhir pada 27 April mendatang.

Sama-sama diketahui, khusus di Sumatera Utara (Sumut) ada tiga PTN yaitu USU, Unimed dan UINSU.

Wakil Rektor (WR) I Universitas Sumatera Utara (USU), Prof Dr Rosmayati MS mengatakan SNMPTN 2018 ini merupakan seleksi yang dilakukan PTN dilingkungan Kemenristekdikti dan Kementerian Agama (Kemenag) secara bersamaan diikuti 87 PTN di Indonesia dan melibatkan 42 panitia lokal di daerah masing-masing.

“SBMPTN 2018 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017 dan 2018 dari pendidikan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, termasuk paket C. Untuk pembiayaan penyelenggaraan SBMPTN dibebankan kepada peserta seleksi dan ‎Kemenristekdikti‎. Peserta SBMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi akademik tinggi dapat mengajukan dana bantuan biaya pendidikan Bidikmisi,” ungkap Rosmayati baru-baru ini.

Ia menjelaskan untuk proses pendaftaran dan informasi lebih lanjut mengenai SMBPTN 2018, masyarakat biasa mengakses website resmi di laman http://www.sbmptn.ac.id dan http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

“Peserta dapat memilih program studi sebanyak3 program studi dengan ketentuan dalam persyaratan dan urutan pemilih program studi menyatakan prioritas pilihan,” sebut Rosmayati.

Dia mengimbau seluruh calon mahasiswa jangan melakukan pendaftaran di akhir masa pendaftaran sudah ditentukan. Karena, sebagai besar pendaftar menumpuk ditanggal tersebut. Hal itu, diterjadi pada SMBPTN pada tahun 2017 lalu.

“Sebagai tambahan informasi bahwa SNMPTN 2018 akan diumumkan 17 April 2018, pukul 17.00 WIB melalui website http://snmptn.ac.id. Untuk kuota tahun ini sebanyak 2.374 orang,” bebernya.

‎WR I UINSU Prof Saidurrahman mengatakan untuk SBMPTN 2018 ini di UINSU, dengan jumlah penerimaan calon mahasiswa sebanyak 590 orang.

“Dengan 8 program di UINSU seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Kesehatan‎ Masyarakat, Biologi, Fisika, Ilmu Komputer, Matematika, dan Sistem Informasi. Seluruhnya di 3 Fakultas di UINSU,” ungkap Saidurrahman.

Sementara, WR I Unimed Prof Dr Abdul Hamid K MPd mengatakan, untuk SBMPTN 2018 ini di Unimed dengan jumlah penerimaan calon mahasiswa ‎berjumlah 2 ribu orang.
“Dibuka untuk semua fakultas dan program studi di Unimed,” tandasnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds