Resmi Ditahan KPK, Zumi Zola pun Dipecat dari PAN


Gubernur Jambi Zumi Zola resmi ditahan KPK selama 20 hari ke depan, sejak Senin (9/4/2018).
Foto : Fedrik Tarigan/Jawa Pos

Gubernur Jambi Zumi Zola resmi ditahan KPK selama 20 hari ke depan, sejak Senin (9/4/2018). Foto : Fedrik Tarigan/Jawa Pos

POJOKSUMUT.com, JAKARTA-Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, Gubernur Jambi Zumi Zola yang ditetapkan telah ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak kemarin, juga dipecat dari partai yang membesarkannya yaitu Partai Amanat Nasional (PAN).

Mantan pacar artis Ayu Dewi ini menggunakan rompi oranye lantaran diduga terlibat kasus dugaan korupsi pengesahan Rancangan Aanggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan Zumi Zola sudah bukan kader partai berlogo matahari ini. Dia sudah dipecat saat ditetapkan tersangka oleh KPK.

“Otomatis (sudah dipecat), itu sudah dari jauh hari,” ujar Zulikifli Hasan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Merujuk kasus Zumi Zola ini, Ketua MPR ini meminta kepada para kadernya untuk menjauhi segala macam yang berkaitan dengan korupsi. Kepala daerah dari PAN juga berhati-hati untuk tidak bermain di area rawan korupsi.

“Saya kira ini pelajaran penting dan jangan sampai terulang lagi kader-kader PAN lainnya,” katanya.

Sekadar informasi, Zumi Zola diduga turut terlibat dalam kasus dugaan suap pengesahan Rancangan APBD Jambi 2018 yang dibongkar KPK lewat operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang sudah ditetapkan tersangka dalam kasus RAPBD tersebut, tiga di antaranya anak buah Zumi di Pemprov Jambi.

Dari OTT, KPK mengamankan uang sebesar Rp4,7 miliar dari total Rp6 miliar yang diduga telah disiapkan pihak Pemprov Jambi untuk anggota DPRD Jambi.

Atas perbuatannya Zumi dijerat dengan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.‎

(gwn/JPC/nin)



loading...

Feeds