Pengakuan Guardiola, City Juara karena Uang

 Manchester City juara Liga Primer Inggris musim 2017-2018 (Reuters)

Manchester City juara Liga Primer Inggris musim 2017-2018 (Reuters)

POJOKSUMUT.com, Status juara Liga Primer Inggris musim 2017-2018 jatuh ke tangan Manchester City.

Tim asuhan Pep Guardiola memuncaki klasemen dengan raihan 87 poin, unggul 16 angka dari Manchester United yang duduk di urutan kedua.

Sisa lima pertandingan tak bisa dimanfaatkan MU untuk mengejar ketertinggalan. Sebab raihan maksimal yang bisa dicapai armada Setan Merah hanya berjumlah 15 poin.

Bagi City, gelar ini tentu menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Sebab beberapa hari sebelumnya, mereka baru saja tersingkir dari pentas Liga Champions.

Untuk Guardiola, ini menjadi gelar Liga Primer Inggris pertama yang diraihnya bersama The Citizens. Pelatih asal Spanyol itu mengakui keberhasilan tim tak lepas dari kebijakan manajemen dalam mengeluarkan banyak uang untuk belanja pemain baru.

“Ketika orang-orang mengatakan masalah ini, saya pikir itu memang benar. Saya adalah orang yang beruntung. Kami tidak mungkin melakukan ini tanpa uang. Itulah cara kami bermain,” ungkap Guardiola yang dikutip dari Soccerway.

Selama dua musim menangani City, Guardiola sudah menghabiskan 1 miliar euro (865,2 juta pounds) atau setara Rp 16,9 triliun.

Uang sebanyak itu ia belanjakan untuk merekrut Leroy Sane, Marlos Moreno, John Stones, Ilkay Gundogan, Claudio Bravo, Gabriel Jesus, Ederson Moraes, Bernardo Silva, Benjamin Mendy, Kyle Walker, Danilo, serta Aymeric Laporte.

Jumlah tersebut lebih besar dibanding saat Guardiola menangani Barcelona dan juga Bayern Muenchen.

Selama empat tahun melatih Barca, Guardiola hanya menghabiskan total 342 juta euro. Sedangkan di Muenchen, ia cuma ‘menggerogoti’ keuangan klub sebesar 204 juta euro.

Namun meski terkesan boros, Guardiola pada akhirnya bisa mencicipi hasil manis dari kebijakan itu. Kini gelar yang diincarnya tinggal Liga Champions dan hal tersebut pasti akan coba diwujudkan pada kompetisi 2018-2019 mendatang.

(bep/JPC/jpg/sdf)



loading...

Feeds