Menteri LHK : Masalah Lingkungan Harus Diselesaikan Bersama

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membuka Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018 di Medan, Minggu (22/4/2018).
Foto : fir/pojoksumut

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membuka Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018 di Medan, Minggu (22/4/2018). Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar membuka Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018 di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (22/4/2018).

Acara ini juga  disemarakkan oleh Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) yang diikuti oleh 28 provinsi di Sumatera Utara (Sumut) dengan kampanye Selamatkan Rimba Terakhir.

Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar menuturkan banyak masalah lingkungan yang harus diselesaikan bersama-sama sebab bumilah satu-satu nya tempat manusia hidup dan tidak punya recana lain.

“Karena tidak ada planet lain atau olanet B yanh bisa ditempati manusia karena hanya ada satu yakni planet bumi,” katanya membuka Peringatan Hari Bumi Sedunia Tingkat Nasional 2018 di Kota Medan yang menjadi tuan rumah dalam peringatan Hari Bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April setiap tahunnya.

Lanjutnya, hari ini semuanya bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita yang sama selamatkan rimba terakhir dan selamatkan lingkungan kita dengan cara interaksi dan lakukan intensif terbuka.

“Dalam 3 tahun terakhir saya menjaga lingkungan hidup dan kehutanan saya meihat betul inteaksi masyarakat dan politis banyak digodok langsung oleh pemerintah dan harus kita aktualisasikan dalam gerakan nasional bersama agar bisa lingkungan baik. Jadi, kalau kebijakan baik dab publiknya juga bersama-sama menyelesaikannya dan itu bisa menolong bumi kita,” terang Siti Nurbaya Bakar dan menuturkan Walhi dan seluruh aktivitis Medan dan pemerintah daerah bisa bekerja bersama-sama.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi mengatakan peringatan Hari Bumi merupakan penyelamatan tentang bumi untuk meningkatkan kedasaran dan apresiasi terhadap bumi, pembangunan berkelanjutan ekonomi dan sosial.

“Misi pembangunan lingkungan hidup di Provinsi Sumatera Utara adalah membangun dan mengembangkan ekonomi daerah melalui pengembangan sumber daya alam lestari dan berwawasan lingkungan. Lingkungan memiliki arti sangat besar dalam menentukan hidup manusia, karena fungsi alam bekerja bagi manusia dan manusia merukana ekosostem dalam alam tersebut,” pungkasnya.

Sementara, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengaku perlu dukungan pemerintah pusat. Oleh karenanya kehadiran Menteri LHK ini dalam peringatan Hari Bumi di Lapangan Merdeka, diharapkan dapat menyahuti keinginan tersebut sekaligus menjadikan Kota Medan sebagi Pilot Project Penanggulangan Sampah di Indonesia. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Mengerikan! Al Difitnah Over Dosis

Mengenai kabar overdosis, Dian pun langsung menepisnya. Setahu dirinya, Al menjalani pemeriksaan MRI (magnetic rezonace imaging).