Gara-gara Ini, Seribuan Driver Ojek Online Medan Serbu Kantor DPRD Sumut

Aksi driver Ojek Online di Gedung DPRD Sumut, Senin (23/4/2018).
Foto : fir/pojoksumut

Aksi driver Ojek Online di Gedung DPRD Sumut, Senin (23/4/2018). Foto : fir/pojoksumut

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Seribuan pengemudi atau driver ojek online di Medan menyerbu kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut) Jalan Imam Bonjol, Medan, Senin (23/4/2018).

Mereka berunjuk rasa untuk meminta agar pemerintah segera menerbitkan regulasi transportasi online khususnya roda dua, baik dalam bentuk Perda atau Pergub serta UU/Permen.

“Kami berharap regulasi tersebut harus disegerakan,” ujar Sugeng, salah seorang pengunju rasa.

Menurut dia, negara seharusnya menjadi penjamin dan pelindung hak terhadap pengemudi online roda dua selaku warga negara Indonesia.

Namun, faktanya justru sengaja membiarkan berbagai kasus pelanggaran, ketidakjelasan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh perusahaan aplikator. Alasannya, belum adanya UU yang mengatur trasnportasi online roda dua.

“Kami juga meminta kepada perusahaan aplikator untuk tidak menjadikan kami sebagai korban perang tarif, antar aplikator transportasi online karena sangat menggangu kinerja mereka. Untuk itu, kepada pemerintah diminta segera menetapkan tarif dasar yang layak dan rasional,” tukasnya.

Kordinator Driver Ojek Online, Joko Prayitno mengatakan hal senada. Ia menuntut pihak DPRD Sumut membuat Perda guna melindungi keberadaan mereka di Sumut.

Sebab, sampai saat ini transportasi online roda dua merasa dianaktirikan, karena tidak peduli nasib mereka dan tidak ada yang mengawasi pihak aplikator.

“Karena tidak ada regulasi, pihak aplikator sibuk perang tarif. Persolan ini merugikan para driver,” sebutnya.

Diutarakan dia, bonus yang dijanjikan pihak aplikator hanya akal-akalan. Sebab, untuk bisa mendapatkan bonus harus ada target point yang dipenuhi dan juga ada tingkat penerimaan.

“Tidak perlu lagi ada bonus kalau tarifnya sudah layak,” ungkapnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds