Optimis Sumut Jadi Tuan Rumah PON, Edy Bakal Bangun Stadion di Kualanamu

Edy Rahmayadi bersama skuad PSMS saat menjuarai Piala Kemerdekaan

Edy Rahmayadi bersama skuad PSMS saat menjuarai Piala Kemerdekaan

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Hari ini, Selasa (24/4/2018) sore pengumuman penetapan daerah pelaksanaan PON 2024 akan dilaksanakan. Provinsi Sumatera Utara dan Aceh berduet untuk menjadi tuan rumah event olahraga terbesar di Indonesia itu.

Sumut-Aceh bersaing dengan beberapa provinsi lain yang seperti Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kalimantan Selatan.

Hal ini tak luput dari perhatian Edy Rahmayadi yang juga tokoh olahraga nasional asal Sumatera Utara. “Saya optimis dengan berjuangnya Sumut-Aceh dalam upaya mendapatkan hak tuan rumah penyelenggaraan PON 2024, prestasi olahraga Sumut akan semakin baik,” kata Edy, di Medan, Selasa (24/4/2018).

Pria yang juga saat ini menjadi calon Gubernur Sumut 2018-2023, menyebutkan, Sumut sudah seharusnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah. Apalagi, baru kali ini diperbolehkan dua provinsi menjadi satu untuk menyelenggarakan PON sebagai tuan rumah bersama. Sumut hanya sekali menjadi tuan rumah PON, yakni pada 1953.

“Sudah lebih setengah abad, 65 tahun lalu. Peluang ini harus kita doakan dan dukung bersama oleh masyarakat Sumut. Kita pasti bisa, harus percaya diri,” ujar Edy.

Edy menegaskan, sebagai provinsi terbesar keempat di Indonesia, sangat wajar Sumut masuk lima besar di PON. Prestasi yang selama ini kata dia harus dioptimalkan lagi. “Prestasi kita, memang perlu diangkat. Ini butuh pembinaan lebih serius lagi dari Provinsi Sumut di masa depan,” katanya.

Edy pun menegaskan, jika dia terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara, dia berkomitmen untuk membangun sarana dan prasarana olahraga sesuai denga kebutuhan.

“Paling dekat dan penting direaliaasikan adalah pembangunan stadion utama. Pemerintah sudah menyiapkan lahan di daerah Kualanamu, 100 ha untuk sport centre. Di sana, direncanakan dibangun stadion utama yang setara minimal sama dengan Stadion Utama Gedebage Jawa Barat,” katanya.

Lantas bagaimana soal anggarannya? Menurut Edy untuk PON 2024, pemerintahan provinsi Sumut sudah meletakkannya dalam RPJMP dan RPJMD. Artinya, proyeksi anggaran sudah ada.

“Tinggal bagaimana mana Gubernur baru nanti konsisten menampungnya selama 4 tahun sejumlah total Rp3,3 triliun. Saya akan siapkan, jika warga Sumut berkenan. Yakinlah, saya kembali ke sini untuk membangun Sumut yang kita cintai dan banggakan ini,” pungkas Edy. (rel/sdf/pojoksumut)



loading...

Feeds

Mengerikan! Al Difitnah Over Dosis

Mengenai kabar overdosis, Dian pun langsung menepisnya. Setahu dirinya, Al menjalani pemeriksaan MRI (magnetic rezonace imaging).