PON 2024, Sumut Ditarget Miliki Stadion Utama Bertaraf Internasional

POJOKSUMUT.com, MEDAN-Memiliki stadion bertaraf internasional menjadi target Sumatera Utara setelah resmi terpilih sebagai tuan rumah bersama Aceh di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Sumut memiliki waktu 6 tahun lagi untuk mempersiapan segala sarana dan prasana untuk menjadi tuan rumah yang baik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut, Baharuddin Siagian menjelaskan keberhasilan sebagai tuan rumah harus didukung oleh berbagai hal, mulai dari kesiapan venue, sarana prasarana, akomodasi, serta Sumber Daya Manusia. Pada pelaksanaan PON 2024, Sumut juga mengusung misi ‘four sukses’. Four sukses yang dimaksud adalah sukses sebagai pelaksana, prestasi, ekonomi kerakyatan, dan venue bertaraf internasional.

“Kita juga telah rencanakan pada PON 2024 ada four sukses yang kita usung, sukses sebagai tuan rumah pelaksana, prestasi, ekonomi, dan terbangunnya venue bertaraf internasional,” ujarnya, saat konprensi pers di kantor Dispora Sumut, Rabu (2/5/2018).

Bahar-sapaan akrabnya menjelaskan, Sumut harus menyediakan sarana dan prasarana 28 venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan di daerah ini. Satu diantaranya adalah pembangunan Stadion Utama bertaraf internasional dan wisma atlet yang anggarannya diusulkan mulai tahun 2019 secara bertahap melalui program Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP).
“Kami berkomitmen bagaimana stadion bertaraf internasional itu ada di Sumut. Termasuk membangun wisma atlet berkapasitas 100 kamar berbintang tiga, yang nantinya bisa digunakan oleh umum baik untuk penginapan dan transit atlet maupun kegiatan lain. Nanti Kita usulkan dalam Program kerja lima tahun. Termasuk kami sudah merencanakan pematangan lahan untuk pembangunan Stadion,” jelas Bahar.

Selain itu, pihaknya juga bakal melakukan tinjauan ke Jawa Barat dan Papua sebagai dasar tahapan-tahapan persiapan yang harus dilakukan selaku tuan rumah PON.

“Kita juga berharap momentum tuan rumah bisa membangkitkan kembali prestasi olahraga Sumut di kancah nasional. Saya akan mulai dari pembinaan atlet dari tingkat pelajar. Dari 120 atlet binaan PPLP Sumut saat ini, kalo pembinaan dilakukan secara berkesinambungan, jika 70 persen berhasil maka 30 atau 40 medali emas bisa diraih di PON 2024. Salah satunya melalui cabang olahraga tarung yang memiliki peluang meraih medali,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengharapkan Pemprov Sumut mendukung cita-cita prestasi olahraga di PON 2024 bisa meningkat, salah satunya mendukung program pembinaan atlet untuk jangka panjang.

“Saya yakin peringkat 5 besar bisa diraih di PON, jika ada training camp ke luar negeri dan menghadirkan pelatih dari luar negeri,” ujarnya.

Selanjutnya, dikatakan John Lubis tim pemenangan bakal berganti menjadi tim Persiapan PON 2024, sebelum akan diterbitkan SK panitia tuan rumah PB PON 2024. Dengan adanya SK PB PON, akan mempercepat kerja tim dalam mempersiapkan segala hal mulai dari venue, sarana dan prasarana, hingga akomodasi dan transportasi. (*/nin/pojoksumut)



loading...

Feeds