Masjid Agung Medan Sediakan Ratusan Takjil Berbuka Puasa

Takjil banyak diburu jelang berbuka puasa

Takjil banyak diburu jelang berbuka puasa



POJOKSUMUT.com, MEDAN-Badan Kesejahteraan Masjid Agung Medan menyiapkan ratusan takjil untuk berbuka puasa bersama bagi masyarakat Kota Medan.

 

Selain itu, juga disiapkan hafiz quran sebagai imam salat tarawih dengan mengkhatamkan satu juz setiap harinya.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Agung Medan, Azwir Ibnu Aziz menyebutkan, di hari pertama puasa umumnya masyarakat yang berbuka bersama di masjid cenderung lebih sedikit. Masyarakat lebih kebanyakan memilih berbuka bersama dengan keluarga di rumah. Namun begitu, tetap disediakan makanan untuk berbuka.

“Biasanya orang-orang puasa pertama berbuka di rumah bersama keluarga, jadi mungkin lebih sedikit. Kemungkinan paling banyak bisa sampai 800-900 orang berbuka di Masjid Agung,” ujarnya, Kamis (17/5/2018).

Ia menyebutkan, selain takjil disediakan nasi bungkus. Semua makanan ini berasal dari donasi masyarakat dan pengurus BKM.

 

“Tidak hanya buka puasa bersama, beragam agenda juga dirancang BKM untuk memeriahkan bulan suci ramadan. Di antaranya, ceramah agama ba’da Zuhur dan sebelum tarawih yang disiarkan langsung melalui radio dan streaming,” tutur Azwir.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan direncanakan menjadikan Masjid Agung ini sebagai media center bagi umat Islam. Masyarakat datang ke Masjid Agung untuk mengetahui masalah-masalah ibadah, muamalah, aqidah dan lainnya. Nanti akan ada narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing.

Terkait pembangunan masjid yang masih berlangsung, sambungnya, membuat jamaah sedikit berkurang karena terkendala lahan parkir. Meski begitu, menyiasati ramainya jamaah pada salat tarawih, telah meminta agar kantor Gubernur Sumut dibuka pada malam hari untuk lahan parkir jamaah dan usulan tersebut telah disetujui.

“Di malam ganjil, malam 21 ke atas ada iktikaf yang merupakan amalan dan selalu dilakukan rasulullah. Itikaf itu diisi dengan kegiatan mentadaburi alquran dan salat malam. Dalam itikaf ini, jamaah bisa mencapai 1.000 orang,” sebutnya.

Dia menambahkan, BKM masih mengharapkan bantuan berupa donasi untuk kelanjutan pembangunan Masjid Agung.
“Diharapkan sekali bagi masyarakat untuk terus menyumbang dana untuk pembangunan masjid. Jangan berpikir dana sudah tersedia, kami masih membutuhkan infak dari masyarakat,” imbuhnya. (fir/pojoksumut)



loading...

Feeds

Aura Kasih Ngaku Gak Kuat Jalani LDR

Pojoksumut.com, Jakarta- Siapa sih yang mau jauh-jauh dari sang kekasih? Menjalani hubungan jarak jauh alias LDR (long distance relationship) dengan …