Untuk Hal Ini, Persib Bandung Hanya Kalah Tipis dari Chelsea

foto : IG Persib_Official

foto : IG Persib_Official

POJOKSUMUT.com, INDONESIA dikenal memiliki basis pecinta sepak bola terbesar di dunia. Tak heran, klub-klub Indonesia juga mempunyai militansi suporter yang tak kenal lelah mendukung tak hanya di dunia nyata tapi juga maya.

Dari banyak klub Indonesia, Persib Bandung disebut sebagai salah satu klub dengan basis penggemar terbesar. Klaim itu pun dipertegas data keluaran Deportes & Finanzas, bahwa Persib cuma kalah dari 10 klub elite dunia.

Dalam studi yang dikeluarkan perusahaan asal Spanyol itu, Persib menduduki peringkat 11 sebagai klub yang paling banyak melakukan interaksi di Facebook. Hasil studi periode April 2018, terdapat total 3.423.025 interaksi yang melibatkan Persib di Facebook.

Angka itu hanya kalah tipis dari juara Piala FA 2018, Chelsea, dengan 3.494.550 interaksi. Bahkan, klub berjuluk Pangeran Biru itu pun muncul menjadi salah satu yang populer di dunia.

Walau berada di peringkat ke-11, catatan ini jauh lebih baik dari dua raksasa Eropa lainnya seperti AS Roma, yang menempati urutan ke-14, serta Paris Saint-Germain (PSG), yang hanya berada di nomor 25 dari 30 klub yang paling menuai interaksi di Facebook.

Deportes&Finanzas

Peringkat teratas ditempati klub raksasa Spanyol, Real Madrid, dengan 21.558.370 interaksi. Sedangkan peringkat kedua hingga kelima diduduki Liverpool, Barcelona, Manchester United, serta Bayern Muenchen.

Dalam daftar 30 klub dengan interaksi tertinggi di Facebook sepanjang April 2018, ternyata cuma Persib yang berasal dari Indonesia. Tak ada nama klub besar lain semisal Persija Jakarta, Arema FC, atau Persebaya Surabaya. Persib juga mengungguli klub-klub lain di Asia.

Akan tetapi, di platform media sosial media lain sepert Twitter, Youtube, atau Instagram, Persib tak masuk ke dalam daftar tertinggi yang dirilis Deportes & Finanzas untuk level dunia.

Namun, Persib masuk ke dalam daftar tertinggi di level Asia dalam interaksi di Twitter. Persib menempati peringkat ketujuh dengan 172,333 interaksi di Twitter tertinggi sepanjang April 2018. Selain Persib, ada pula Persija Jakarta di urutan kedelapan dengan 168.865 interaksi. Peringkat teratas dipegang Al Hilal dari Arab Saudi dengan 1.137.796 interaksi. (ira/JPC/nin)



loading...

Feeds